Dosen PG PAUD Unsri Gelar Pelatihan Pembuatan Video Kegiatan Matematika Untuk Guru TK  

Dekan FKIP Unsri Dr Hartono, MPd menyampaikan kata sambutan saat membuka secara resmi PPM dalam bentuk Pendampingan Guru TK dalam Pembuatan Video Kegiatan Matematika untuk Anak Usia 4-5 tahun di Kota Lubuklinggau secara online, Kamis (30/9/2021).

Lubuklinggau, Sumselupdate.com – Meski di tengah pandemi Covid-19, sejumlah dosen Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD) Universitas Sriwijaya (Unsri) tetap melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, salah satunya Pengabdian Pada Masyarakat (PPM).

Pelaksanaan PPM yang diketuai oleh Koordinator Program Studi PG PAUD FKIP Unsri Dra Syafdaningsih, MPd dalam bentuk Pendampingan Guru Taman Kanak-kanak (TK) dalam Pembuatan Video Kegiatan Matematika untuk Anak Usia 4-5 tahun di Kota Lubuklinggau.

Read More

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Lubuklinggau Dr H Dian Chandera, MSi menyampaikan kata sambutan dalam pembukaan PPM PG PAUD Unsri berupa Pendampingan Guru TK dalam Pembuatan Video Kegiatan Matematika untuk Anak Usia 4-5 tahun di Kota Lubuklinggau secara online, Kamis (30/9/2021).

Kegiatan PPM yang digelar secara online dengan mengunakan aplikasi Zoom Meeting dibuka secara resmi oleh Dekan FKIP Unsri Dr Hartono, MPd, Kamis (30/9/2021).

Acara pembukaan PPM yang berlangsung khidmat ini dihadiri Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Lubuklinggau Dr H Dian Chandera, MSi.

Ketua Pelaksana PPM Dra Syafdaningsih, MPd menjelaskan jika pelatihan Pembuatan Video Kegiatan Matematika diikuti sebanyak 20 guru TK/PAUD.

Koordinator Program Studi PG PAUD FKIP Unsri Dra Syafdaningsih, MPd menyampaikan kata sambutan.

Para guru TK/PAUD ini tergabung dalam Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI) yang diketuai Hj Paulina Simanjuntak dan Himpunan Pendidik dan Tenaga Pendidik Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) yang diketuai Suroidah, SPd, AUD.

Adapun materi pertama dalam pelatihan Pembuatan Video Kegiatan Matematika ini berjudul ‘Pengenalan Konsep Matematika untuk Anak Usia 4-5 Tahun’ yang disampaikan oleh Dra Syafdaningsih, MPd.

Pada materi ini membahas tentang konsep-konsep matematika yang dapat diperkenalkan untuk anak usia 4-5 tahun, yaitu konsep one-to-one correspondence, ordering, seriation, matching, dan sebagainya.

Konsep matematika ini dapat diperkenalkan melalui kegiatan sederhana dengan menggunakan beragam peralatan yang terdapat pada lingkungan sekitar anak.

Materi kedua disampaikan Taruni Suningsih, MPd dengan judul ‘Pembuatan Video Kegiatan Matematika untuk Anak Usia 4-5 Tahun’.

Dosen PG PAUD FKIP Unsri Taruni Suningsih, MPd menyampaikan materi.

Pada materi ini dibahas tentang cara membuat video kegiatan matematika dengan device sederhana namun hasil yang menarik sehingga membuat anak senang belajar matematika.

Sementara itu, pelatihan Pembuatan Video Kegiatan Matematika disambut sangat antusias peserta.

Salah satunya datang dari peserta bernama Diah Arlina, SPd, AUD dari TK Indah Qurniati. Dia mengucapkan terima kasih kepada dosen PG PAUD Unsri yang telah menyampaikan ilmu pembuatan video kegiatan matematika.

“Kami terima kasih kepada ibu-ibu dari PG PAUD Unsri telah memberikan ilmu dalam bentuk materi. Ini sebuah pengetahuan baru bagi kami,” ujarnya.

Hasil dari produk PPM ini berupa kumpulan video kegiatan matematika yang dibuat oleh guru TK/PAUD di Kota Lubuklinggau.

Agenda selanjutnya adalah pendampingan tugas mandiri pembuatan video kegiatan matematika di PAUD yang dilaksanakan pada tanggal 1-5 Oktober 2021.

Para peserta didampingi oleh dosen serta mahasiswa PG PAUD FKIP Unsri dalam membuat video kegiatan matematika untuk anak usia 4-5 tahun secara online melalui aplikasi pesan WhatsApp Group.

Agenda terakhir yaitu penutupan PPM dilaksanakan pada 6 Oktober 2021, di mana Azhari, SSos selaku perwakilan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Lubuklinggau menjadi opening speech pada acara tersebut.

Dosen PG PAUD Unsri yang melaksanakan PPM berfoto bersama.

Acara penutupan ini juga dihadiri seluruh dosen PG PAUD FKIP Unsri, para mahasiswa yang terlibat dalam PPM serta seluruh peserta PPM 2021.

Dalam penutupan PPM, para peserta mempresentasikan video kegiatan matematika yang telah dibuat serta terdapat diskusi mengenai pemaparan video-video tersebut.

Selanjutnya, pada Rabu (6/10/2021) acara ditutup secara resmi oleh Koordinator Program Studi PG PAUD FKIP Unsri Dra Syafdaningsih, MPd.

Pada kesempatan itu, Dra Syafdaningsih, MPd mengucapkan terima kasih kepada para dosen, mahasiswa, peserta serta pihak-pihak tertentu yang telah berkontribusi dalam agenda PPM. (rel)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.