Dosen PG PAUD Universitas PGRI Palembang Gelar PkM di TK Bunda Dharma Wanita  

Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas PGRI Palembang, Hettilaniar, MPd dan Ketua Himpaudi Kota Palembang, Ety Yuniarty, SE, MM menandatangani MoU.

Palembang, Sumselupdate.com – Dosen Pendidikan Guru (PG) PAUD Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas PGRI Palembang menggelar Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di TK Bunda Dharma Wanita Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Palembang, Rabu (22/12/2020).

Kegiatan PkM bertemakan ‘Pelatihan Metode Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini’ diikuti sebanyak 60 peserta dari guru dan kepala PAUD dari 30 lembaga PAUD di Kota Palembang.

Bacaan Lainnya

PkM ini merupakan tindaklanjut dari sosialisasi sekaligus penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) oleh Rektor Universitas PGRI Palembang yang diwakili secara simbolis oleh Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia Hettilaniar, MPd dan Ketua Himpunan Pendidikan Anak Usia Dini (Himpaudi) Kota Palembang, Ety Yuniarty, SE, MM.

Dalam sambutannya, Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas PGRI Palembang, Hettilaniar, MPd mengatakan, dengan adanya kerja sama ini, maka Himpaudi Palembang akan mendapatkan banyak manfaat khususnya bagi para guru PAUD se-Kota Palembang.

Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas PGRI Palembang, Hettilaniar, MPd dan Ketua Himpaudi Kota Palembang, Ety Yuniarty, SE, MM menunjukan berkas MoU yang sudah ditandatangani.

Di mana para pendidik yang belum Strata Satu (S1) PAUD atau yang akan melanjutkan studi Strata Dua (S2) banyak mendapatkan kemudahan untuk kuliah di Universitas PGRI Palembang.

Sementara itu, Ketua Himpaudi Kota Palembang, Ety Yuniarty, SE, MM maupun Kepala TK Bunda Dharma Wanita Disdik Kota Palembang Rosita Joko menyambut baik kerja sama ini dan berharap kegiatan ini dapat terus berkelanjutan.

Sementara itu, Ketua Tim PkM PG PAUD Universitas PGRI Palembang, Mardiana Sari, MPd menjelaskan jika kegiatan PkM merupakan fungsi dan tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Salah satu fungsi dan tugas itu menyampaikan ilmu pengetahuan kepada masyarakat berupa kegiatan penyuluhan, sosialisasi sampai dengan pendampingan.

Di mana fokus dari sosialisasi dan pelatihan kali ini adalah para guru PAUD dalam wilayah Himpaudi Kota Palembang.

Adapun pemateri PkM ini adalah Mardiana Sari, MPd, Melinda Puspita Sari Jaya, MPd, Padilah, MPd, Dessi Andriani, SPd, MM, Rahmah Novianti, MPd, Santa Idayana Sinaga, MPd, dan Fatma Rizki Intan, MPd.

Ketujuh dosen ini menjelaskan mengenai proses bahasa anak yang secara bertahap mengalami perkembangan bahasa seiring dengan kematangan kognitif dan belajar dari lingkungan sekitarnya.

Suasana PkM yang dilaksanakan Dosen PG PAUD FKIP Universitas PGRI Palembang di TK Bunda Dharma Wanita Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Palembang, Rabu (22/12/2020).

Anak yang telah matang kognitifnya jika tidak pernah belajar menyimak bunyi-bunyi bahasa, maka anak tersebut akan mengalami kesulitan berbicara atau lebih dikenal dengan nama speech delay.

Keterlambatan atau kesulitan berbicara terjadi karena anak tidak pernah atau jarang sekali berinteraksi dengan lingkungan terdekatnya yaitu orang tua, guru, dan teman sebaya.

Perkembangan bahasa pada anak seiring dengan perkembangan fisik motorik, sosial, kognitif anak. Perkembangan bahasa anak terbagi menjadi tahap prelinguistik, pralinguistik dan linguistik.

Penggunaan metode yang tepat dalam menstimulasi perkembangan bahasa anak disesuaikan berdasarkan karakteristik anak. Sosialisasi dan MoU ini juga turut melibatkan mahasiswa dan juga alumni PG PAUD Universitas PGRI Palembang agar ke depannya sudah terbiasa dan bisa memahami tujuan dari diadakannya kegiatan pengabdian ini.  (rel)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.