Ditreskrimsus Polda Sumsel Amankan Bawang dan BBM Ilegal

Palembang, Sumselupdate.com – Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Sumsel mengamankan satu ton bawang goreng ilegal asal Cina. Bawang goreng tersebut disita dari pergudangan di aereal Bandara Indah, Kecamatan Sukarami, Palembang.

Bersama barang bukti tersebut, aparat kepolisian juga mengamankan tersangka berinisial DC (37). Kapolda Sumsel Irjen Pol Agung Budi Maryoto mengatakan penangkapan barang ilegal ini bermula dari petugas melakukan penyelidikan soal peredaran bawang goreng yang ada di Palembang.

Bacaan Lainnya

Setelah memeriksa, ternyata 71 karton bawang goreng merk Prima tidak dilengkapi izin edar. “Bawang goreng itu rencananya akan diedarkan di pasar-pasar dan eceran. Sejak satu tahun, bawang goreng ini sudah beredar tanpa izin edar dari BPOM RI dan Departemen kesehatan” ujar Agung saat gelar perkara, Senin (3/4/2017).

Bawang goreng asal negara Tirai Bambu itu belum diketahui isi kandungannya. Apakah murni bawang goreng atau ada campuran lain. “Nanti diperiksa dulu di laboratorium hasilnya seperti apa,” ujarnya.

Selain bawang goreng, ada sebanyak 21,3 ton tepung tapioka serta 10.000 ton BBM jenis solar ilegal juga disita petugas. Puluhan ton tepung tapioka itu, juga tanpa dilengkapi izin edar yang berasal dari Lampung merk Guci Mas dan Cap Garpu.

Sementara, BBM jenis solar tersebut merupakan hasil “kencing” dari kapal Pertamina yang dibawa dengan menggunakan perahu getek (perahu kecil) di perairan Sungai Musi. “Pemilik tepung tapioka berinisial SGM sudah ditangkap. Sementara, MM pemilik minyak masih dalam pengejaran,” tandasnya. (tra)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.