Diresmikan, Puslapur di Batumarta Baturaja OKU Bakal Menjadi Terlengkap di Indonesia

Komandan Kodiklat, Letnan Jenderal TNI Anto Mukti Putranto, SSos menandatangani prasasti sebagai tanda diresmikannya Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) Brigade Tim Pertempuran di simpang Batumarta Baturaja, Kabupaten OKU, Sumatera Selatan, Selasa (11/2/2020).

Baturaja, Sumselupdate.com – Komandan Kodiklat, Letnan Jenderal TNI Anto Mukti Putranto, SSos menandatangani prasasti sebagai tanda diresmikannya Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) Brigade Tim Pertempuran di simpang Batumarta Baturaja, Kabupaten OKU, Sumatera Selatan, Selasa (11/2/2020).

Peresmian Puslatpur ini juga dirangkai dengan titik tinjau latihan tempur di Objek Militer Baturaja (Omiba). Kegiatan ini dihadiri Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI Irwan, SIP, MHum dan tamu undangan lainnya.

Bacaan Lainnya

Pantauan di lapangan, kegiatan diawali di Gedung Garuda Puslatpur Martapura. Kemudian kegiatan dilanjutkan di ke titik tinjau latihan tempur yang baru di simpang Batumarta Baturaja untuk kegiatan peresmian.

“Setelah peresmian Puslatpur Brigade Tim Pertempuran, juga dilakukan pembenahan dengan membangun beberapa fasilitas latihan,” kata Dan Kodiklat AD Letjen TNI AM Putranto.

Jendral bintang tiga ini menjelaskan, pembangunan titik tinjau pusat latihan tempur ini merupakan kerja sama, pihak Kodiklat AD mendapatkan hibah dari PT KAI dan PT BA serta dibantu dari KSAD untuk mewujudkan pusat latihan tempur ini bertaraf internasional.

“Tempat latihan tempur ini sama dengan Joint Readines Training Center Amerika Serikat, apa salahnya kita mencontoh walau tidak sama persis minimal memberikan gambaran,” ujarnya.

Disebutkan Letjen AM Putranto, pembangunan titik tinjau ini dibangun di atas lahan seluas 12 ribu hektar dari 43 ribu hektar lahan Puslatpur oleh PT KAI.

“Nantinya walaupun kita latihan mereka (PT KAI –red) tetap bisa jalan sehingga tidak menimbulkan kerugian negara karena mereka tetap bisa beroperasi, meskipun kita latihan menggunakan peluru tajam,” jelasnya.

Dikatakannya, Puslatpur ini rencananya akan dijadikan tempat latihan operasi militer perang. “Nantinya Puslatpur ini akan menjadi pusat latihan tempur terlengkap se-Indonesia,” pungkasnya. (arm)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.