Dinkes Muba Komitmen Bebas Pasung 2017

Kadis Dinkes memberikan arahan dengan para medis dan dokter dalam mendiagnosa ODGJ

Sekayu, Sumselupdate.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Muba berkomitmen untuk terus meningkatkan kinerjanya dengan mengadakan pertemuan peningkatan kapasitas dokter dan paramedis dalam mendiagnosa penata laksanaan pasien Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) dalam Kabupaten Muba.

Kepala Dinkes Muba dr H Taufik Rusydi, MKes menjelaskan gangguan jiwa merupakan salah satu masalah kesehatan dan masih banyak ditemukan di masyarakat demikian juga di Kabupaten Muba. Masalah gangguan jiwa secara tidak langsung akan menurunkan produktivitas apalagi jika penderita gangguan jiwa dimulai pada usia produktif, selain itu juga menambah beban dari keluarga penderita, menimbulkan dampak sosial seperti meningkatkan angka kekerasan, kriminalitas, bunuh diri, penganiayaan anak, perceraian dan kenakalan remaja.

Bacaan Lainnya

“Dengan adanya pelatihan- pelatihan ini diharapkan peserta dapat menambah pengetahuan untuk mendiagnosa dan tatalaksana kasus kesehatan jiwa demi terwujudnya Kabupaten Muba Bebas Pasung 2017 menuju Permata Muba 2017”, Ujarnya Kepada Sumselupdate, Kamis (31/3) usai pelatihan.

Dijelaskan Taufik bahwasannya di Tahun 2014 ada 14 kasus, dan Tahun 2015 meningkat dari tahun sbelumnya yakni sebanyak 32 kasus pembebasan pemasungan ODGJ. Semua itu telah di ditindaklanjuti dengan baik. (est)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.