Dinkes Banyuasin Gencar Lakukan Upaya Pencegahan Diabetes Melitus

Penulis: - Senin, 13 November 2023
Kepala Dinas Kesehatan, Rini Pratiwi.

Banyuasin, Sumselupdate.com – Dalam rangka mencegah penyakit Diabetes Melitus (DM), Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuasin telah mengambil langkah proaktif melalui program Posbindu.

Kepala Dinas Kesehatan, Rini Pratiwi menjelaskan DM dapat disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat atau masalah pada kelenjar pankreas.

Bacaan Lainnya

Maka dari itu, kesadaran akan gaya hidup sehat sangat penting untuk mencegah penyakit ini, Senin (13/11/2023).

Dalam upaya pencegahan DM, Dinkes Banyuasin secara rutin mengadakan kegiatan Posbindu Penyakit Tidak Menular (PTM) di setiap desa setiap bulannya.

Kegiatan ini melibatkan tim puskesmas setempat untuk melakukan penapisan atau screening kepada masyarakat, yang merupakan tindakan preventif yang efektif.

Baca Juga: Sadar Lalai, Perusahaan Sepakat Persolek Jembatan di Lalan

Baca Juga: Dugaan Korupsi Pembangunan Mess UIN Palembang, Kejari Incar Tersangka!

Chandra Oksariandi, Katimja Penyakit Tidak Menular, menekankan pentingnya mengatur pola makan, menjauhi rokok, dan rutin memeriksakan diri ke puskesmas atau Posbindu PTM sebagai tindakan pencegahan.

Pemerintah daerah telah mengambil langkah konkret dalam mendeteksi dini penyakit tidak menular, termasuk DM, dengan menggelar Posbindu PTM di tiap desa dan memberikan pelayanan yang sesuai kepada masyarakat yang terdeteksi menderita DM.

Chandra juga mengingatkan manusia di atas usia 40 tahun berisiko lebih tinggi terkena DM, orang di bawah usia 40 tahun juga berpotensi terkena penyakit ini.

Maka dari itu, Dinas Kesehatan Banyuasin telah menetapkan target untuk menemukan 51.736 kasus DM pada tahun ini dan hampir mencapai 90 persen target tersebut hingga 31 Oktober 2023.

Upaya pencegahan ini sangat penting untuk meningkatkan kesehatan masyarakat secara keseluruhan. (**)

Bantu Kami untuk Berkembang

Mari kita tumbuh bersama! Donasi Anda membantu kami menghadirkan konten yang lebih baik dan berkelanjutan. Scan QRIS untuk berdonasi sekarang!


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.