Dinas Kehutanan Muratara Mulai Bersiaga Antisipasi Kebakaran Lahan

Ilustrasi

Muratara, Sumselupdate.com – Dinas Kehutanan (Dishut) Muratara mulai bersiaga mengantisipasi kebakaran lahan terutama di sejumlah titik rawan api.

Bentuk antisipasi ini melalui sosialisasi dan berbagai kegiatan lain, agar masyarakat menghentikan tradisi membakar lahan untuk membuka lokasi pertanian baru.

Kepala Dishut Muratara, H Alfirmansyah mengungkapkan, pihaknya terus bersinergi dengan pihak terkait lain, seperti salah satunya Kodim 0406/MLM (Musi Rawas-Lubuklinggau-Muratara) yang sejak awal memberikan perhatian khusus dalam mencegah kebakaran lahan, agar kejadian kebakaran seperti tahun-tahun sebelumnya tidak terulang lagi dan menyebabkan kabut asap parah.

“Kami sampai sekarang terus melakukan sosialisasi terkait bahaya kebakaran lahan akibat cara tradisional dalam membakar lahan untuk bertani. Sebenarnya, sosialisasi ini cukup sulit, karena cara membakar lahan dinilai petani merupakan cara paling mudah dan murah,” ungkapnya.

Ia menyampaikan, sampai saat ini hanya beberapa kecamatan yang memiliki hot spot (titik api), termasuk salah satunya Kecamatan Karang Dapo yang menjadi prioritas dalam upaya pencegahan.

“Ada beberapa kecamatan, namun ada beberapa titik yang kita berikan perhatian khusus. Kami juga mendukung penuh upaya TNI yang memberikan perhatian yang serius,” ungkapnya. (ain)

PDIP

PKB

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.