Digelar Virtual, Rakernas Forsesdasi Momentum Meningkatkan Tata Kelola Pemerintahan

VIDEO CONFERENCE-Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Forum Sekretaris Daerah (Forsesdasi) Seluruh Indonesia bertempat di Ruang Induk Rumah Dinas Bupati OKU, Rabu (30/9/2020).

Laporan: Armiziwadi

Baturaja, Sumselupdate.com-Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Forum Sekretaris Daerah (Forsesdasi) Seluruh Indonesia digelar secara virtual di Ruang Induk Rumah Dinas Bupati OKU, Rabu (30/9/2020).

Bacaan Lainnya

Rakernas Forsesdasi tahun 2020 mengangkat tema ‘Peningkatan Kuailtas dan Percepatan Pelayanan Publik Untuk Mewujudkan Indonesia Maju’. Rakernas Forsesdasi dibuka Ketua Umum DPP Forsesdasi Nasrun Umar.

Tampil sebagai narasumber Sekjen Kementerian Dalam Negeri Dr Ir Muhammad Hudori, MSi, Sekretaris Menpan RB Drs Dwi Wahyu Atmaji, MPA, dan Deputy III BPKP Bidang Pengawasan dan Penyelenggaraan Keuangan Daerah Dadang Kurnia.

Ketua Forsesdasi Nasrun Umar mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang telah memfasilitasi kegiatan Forsesdasi tahun 2020 ini, dan Kemenpan RB dan BPKP, sebagai bahan masukan membantu tugas pemerintahan kepala daerah.

Lanjut dia, pelaksanaan Rakernas Forsesdasi tahun 2020 dilaksanakan pada bulan Maret 2020 di Kota Batam, Provinsi Riau. Namun karena Pandemi
Covid-19 Rakernas digelar secara virtual.

“Keberhasilan implementasi birokrasi yang bertujuan mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik sangat tergantung pada komitmen pimpinan yang didukung oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) yang profesional, dan integritas wujudkan pemerintahan berkelas dunia harus dilaksanakan secara komprehensif, yaitu perubahan pada pola pikir budaya kerja serta struktur kelembagaan secara holistik,” jelasnya.

Nasrun menambahkan, pemerintahan berkelas dunia adalah dengan memberikan pelayanan publik yang baik sesuai standar yang ditetapkan, sehingga meraih kepercayaan penuh dari masyarakat.

Dalam rangka pencegahan tindak pidana korupsi oleh ASN, diharapkan, pemerintah daerah memperhatikan dan melaksanakan penerapan e-planning, dan e-budgeting, penerapan secara elektronik.

“Dalam proses perizinan dan pemberian tambahan penghasilan pegawai, tata kelola kelembagaan, pola pikir, dan budaya kerja birokrasi dalam peningkatan kualitas dan percepatan pelayanan publik, diharapkan pemerintah daerah untuk membangun budaya yang dapat menciptakan minimal satu inovasi setiap tahun,” urainya.

Lebih lanjut Nasrun mengatakan, melalui kebijakan penyederhanaan dan birokrasi pada jabatan pengawas dilingkungan perangkat daerah provinsi, kabupaten dan kota, juga pada jabatan yang terkait perizinan, investasi dan pelayanan publik yang ditransformasikan ke jabatan fungsional.

Dalam penanganan Covid-19 dan krisis perekonomian pemerintah daerah, lanjut dia, agar menggunakan anggaran penanganan digunakan secara cepat, tepat, dan akuntabel, agar setiap kebijakan dapat dirasakan oleh masyarakat dapat dipertanggungjawabkan tanpa ada masalah. Pemerintah daerah agar menerapkan prinsip dan sistem pengelolaan anggaran Covid-19 secara bersih dan transparan.

“Dalam tata kelola setiap kegiatan yang dilakukan prinsip tersebut sangat penting dalam tata kelola pemerintahan yang bersih, akuntabilitas dan transparan dari pemerintah daerah,” ungkap Nasrun yang menjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Sumsel itu.

Sementara itu, Direktur Eksekutif DPP Forsesdasi yang saat ini menjabat Pjs Bupati OKU Muhammad Zaki Aslam, SIP, MSi, menyampaikan laporan hasil Rakernas dan memberikan kesimpulan. Juga menghasilkan keberhasilan Forsesdasi yang bertujuan mewujudkan tata kelola pemerintahan dengan baik

“Salah satu cara untuk mewujudkan pemerintahan kelas dunia adalah memberikan pelayanan publik yang baik sesuai standar yang telah ditentukan sehingga kepercayaan penuh dari masyarakat,” jelasnya.

Rangkaian acara diakhiri dengan Penetapan Tuan Rumah Rakornas Tahun 2021 sekaligus penutupan secara resmi Rakornas Implementasi Reformasi Birokrasi dan Rakernas Forsesdasi Tahun 2O2O oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri.
Dari hasil penetapan, tuan rumah Rakornas Tahun 2021 ditetapkan di Provinsi Kepulauan Riau. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.