Diduga Salah Perencanaan, Proyek Tiang Penyangga Eceng Gondok Mangkrak

Proyek tiang penyangga Eceng Gondok yang berlokasi di Kelurahan Jua-Jua Kecamatan Kota Kayuagung, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Provinsi Sumatera Selatan

Laporan : Syakbanudin

Kayuagung, Sumselupdate.com – Diduga salah perencanaan, proyek tiang penyangga Eceng Gondok yang berlokasi di Kelurahan Jua-Jua Kecamatan Kota Kayuagung, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), hingga kini mangkrak atau terbengkalai.

Bacaan Lainnya

Pantauan di lapangan, terdapat tiga titik tiang yang dibangun di Sungai Komering, Kelurahan Jua-Jua, tepatnya di lingkungan V.

Informasi yang berhasil dihimpun menyebutkan jika proyek kegiatan yang diduga proyek tiang penyangga Eceng Gondok tersebut menelan dana sebesar Rp4,9 miliar lebih dengan menggunakan dana APBD OKI, Tahun Anggaran 2021.

Kepala Lingkungan V Kelurahan Jua-Jua Kecamatan Kota Kayuagung, Kabupaten OKI, Fauzi Rahman saat diwawancarai mengatakan pihaknya selaku pemerintah setempat juga merasa heran awalnya adanya proyek ini.

Namun setelah konfirmasi dengan pelaksana proyek di lapangkan, proyek ini merupakan kegiatan penahan eceng gondok dan dikerjakan Tahun 2021.

Menurut Fauzi Rahman, lokasi proyek ini tidak tepat. Pasalnya, berada di pemukiman masyarakat yang mengakibatkan debit arus sungai semakin deras yang mengakibatkan adanya abrasi sungai.

“Yang kami ketahui juga, tidak usulan warga sebelumnya untuk dibuat proyek tiang penyangga eceng gondok ini,” katanya.

Fauzi Rahman juga mengungkapkan merasa kecewa dalam pelaksanaannya, selain proyek tidak selesai dan dinilai tidak pas untuk lokasi pekerjaan, juga pihak kontraktor tidak memperhatikan keselamatan warga lantaran material proyek yang menganggu warga dalam melintas.

Sebagai warga dan Kepala Lingkungan V Kelurahan Jua-Jua, Fauzi Rahman mengharapkan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKI, melalui dinas terkait, dalam hal ini Dinas PUPR OKI, agar jika ada kegiatan proyek, sebelumnya untuk terlebih dahulu dilakukan sosialisasi kepada masyarakat, paling tidak memberitahukan kepada pihak kelurahan yang ada. Sehingga masyarakat mengetahuinya.

Hingga berita ini diturunkan Kepala Dinas PUPR OKI, Ir Man Winardi belum berhasil dihubungi. Sehingga belum diketahui secara pasti kondisi proyek atau kegiatan tersebut. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.