Di OKU, HUT ke-59 Pramuka Diperingati Secara Sederhana

HUT-Upacara HUT ke-59 Pramuka tahun 2020 Kabupaten OKU, di Bumi Perkemahan Kemelak Baturaja, Sabtu (15/8/2020).

Laporan : Armiziwadi

Baturaja, Sumselupdate.com-Peringatan Hari Pramuka ke-59 di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) berlangsung sederhana. Upacara bendera yang digelar di Bumi Perkemahan Kemelak Baturaja, Sabtu (15/8/2020), dilakukan secara terbatas.

Bacaan Lainnya

Pelaksanaan upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Pramuka berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, biasanya, dilaksanakan di Taman Kota Baturaja dengan jumlah peserta yang banyak. Namun sekarang dibatasi hanya 40 orang karena masih dalam situasi wabah pandemi Covid-19.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Sekretaris Daerah (Sekda) OKU Dr Drs Ir H Achmad Tarmizi, SE, MT, MSi, MH, yang juga selaku Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten OKU. Hadir juga Pembinan Gugus Depan (Gudep), Dewan Kerja Cabang (DKC) OKU, dan Satuan Tugas (Satgas) Pramuka Peduli Kwarcab OKU.

Pada upacara tersebut, Sekda OKU menyematkan penganugerahan tanda penghargaan kepada para pembina dan andalan yang aktif. Penghargaan diberikan oleh Kwartir Daerah Pramuka Sumatera Selatan (Sumsel) kepada Anggota Dewasa Pramuka di Kabupaten OKU.

Dalam kesempatan itu, Tarmizi membacakan sambutan seragam Ketua Kwartir Nasional Pramuka Komjen Pol (Purn) Budi Waseso. Dalam sambutannya, seragam tersebut, disampaikan bahwa jumlah anggota Gerakan Pramuka saat ini sekitar 25 juta orang, dan merupakan yang terbesar di antara organisasi kepramukaan di seluruh dunia yang jumlahnya mencapai 54 juta orang.

“Atau hampir setengah dari jumlah Pramuka atau pandu sedunia berasal dari Indonesia,” katanya.

Jumlah besar, kata Tarmizi, merupakan potensi yang sangat bermanfaat apabila dapat dimaksimalkan pembinaannya. Untuk itu, bantuan pemerintah dan semua pihak sangat diharapkan, agar gerakan Pramuka dapat semakin berkembang untuk menjadi bagian penting dalam mewujudkan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang adil dan sejahtera.

“Tema HUT ke-59 Pramuka tahun 2020 ini adalah Peran Gerakan Pramuka ikut membantu menanggulangi bencana Covid-19 dan bela negara. Kegiatan penanggulangan wabah Covid-19 tersebut merupakan bukti eksistensi bahwa gerakan Pramuka menjadi bagian penting dalam upaya bela bangsa dan negara kita tercinta,” tutup dia. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.