Desa Kota Batu OKU Selatan, Sabet Juara Ajang Anugerah Pesona Desa Wisata Sumsel 2021

Foto bersama Kepala Dinas Pariwisata OKU Selatan Darmawan, SE., M.Si dan Penggagas Desa Wisata sekaligus Pengelola Desa Wisata Kotabatu Kabupaten OKU Selatan Budi Mulya.

Laporan: Alpian Patria Jaya

Muaradua, Sumselupdate.com – Salah satu Program Pemerintah untuk menjadikan OKU Selatan sebagai kota wisata kian menunjukan taringnya.

Read More

Hal ini dibuktikan pada Ajang Penyelenggaraan Anugerah Pesona Desa Wisata Sumsel 2021 yang dihelat di Griya Agung Kota Palembang Provinsi Sumatera Selatan, Jumat (24/12/2021), alah satu Desa di OKU Selatan yakni Desa Kota Batu, Kecamatan Warkuk Ranau Selatan, berhasil menyabet sebagai Juara Pertama pada kategori Homestay dalam ajang tersebut.

Acara yang di yang digelar Pemprov Sumsel melalui Dinas Pariwisata Sumsel bekerjasama dengan Sumatera Ekspres, tersebut disaksikan secara virtual oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Salahuddin Uno.

Sandiaga Uno memuji dan mengapresiasi atas penyelenggaraan ajang Anugerah Pesona Desa Wisata Sumsel 2021 tersebut.

Menurut Sandiaga kegiatan ini sangat membanggakan. Dia pun berharap melalui ajang penghargaan ini dapat meningkatkan kesadaran bagi desa yang memiliki potensi wisata untuk dapat lebih menggali keunggulannya dan memajukan desanya.

Sementara itu, Gubernur Sumsel H. Herman mengatakan, secara tegas kepada pengelola wisata di desa untuk jangan hanya mengedepankan profit dan komersial dalam mengelola potensi wisata yang ada.

“Kalau di awal sudah mikirnya balik modal kapan, untung berapa itu bisa jadi awal kehancuran. Jangan dulu mikir itu, kita kenalkan dulu, kita promosikan, kita ramaikan dulu, nanti baru lihat dampaknya secara ekonomi,” ujar Herman Deru.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten OKU Selatan Darmawan, yang secara langsung pada Ajang Penganugerahan Pesona Desa Wisata Sumsel 2021 saat dikonfirmasi Sumselupdate.com melalui telephone, membenarkan atas informasi gembira tersebut dan mengapresiasi terhadap penggagas Desa Wisata sekaligus pengelola Desa Wisata Kota batu, yang sudah membawa nama baik Kabupaten OKU Selatan atas capaian yang telah di raih.

“Semoga capaian ini menjadi motivasi bagi yang lain untuk terus berbuat untuk kemajuan Kabupaten OKU Selatan, kita juga sangat mengapresiasi meskipun dengan keterbatasan yang diberikan oleh Pemerintah namun dengan semangat dan keinginan serta kepedulian yang tinggi dari para pengelola barang mustahil Desa Wisata Kota batu bisa diperhitungkan dan berhasil menyabet sebagai Juara Pertama Kategori Homestay pada Ajang Penganugerahan Desa Wisata Sumsel 2021,” ungkap Darmawan Hakis sapaan akrabnya.

“Hal ini tentu sejalan dengan Program Pemerintah yang terus berbenah salah satunya adalah menjadikan OKU Selatan sebagai Kabupaten yang memiliki Destinasi wisata yang patut diperhitungkan di indonesia,” pungkas Darmawan Hakis sapaan akrabnya.

“Pertahankan dan tingkatkan. Kita patut bersyukur ke depan kita berharap bukan hanya Desa Kota batu yang berhasil untuk mewakili OKU Selatan di ajang ajang seperti ini, OKU Selatan memiliki banyak wisata yang tersebar di desa desa seperti Wisata Danau Rakihan ditambah Wisata buatan bendungan tiga dihaji kita manfaatkan, ini sudah menjadi modal bagi kabupaten kita,” tutur Kepala Dinas Pariwisata Darmawan.

Terpisah Penggagas Desa Wisata sekaligus sebagai pengelola Desa Wisata Kota Batu Kabupaten OKU Selatan Budi Mulya, kepada Sumselupdate.com, mengaku sangat bersyukur atas capaian yang berhasil diraih.

“Alhamdulillah, kita bersyukur hari ini kita diberi ujian berupa kemenangan, tentu ini tanggung jawab yang berat sekaligus tanggung jawab yang besar untuk mempertahankan gelar tersebut. Kita berharap dengan penghargaan yang berhasil diraih ini bisa menjadikan motivasi bagi kita semua untuk membangun diri dan membangun desa desa wisata di OKU Selatan untuk menjadikan OKU Selatan sebagai destinasi wisata yang lebih dikenal lagi dari berbagai aspek,” ucapnya.

Budi Mulya juga menambahkan, dari berbagai kategori yang ditentukan oleh panitia ada beberapa alasan mengapa OKU Selatan masuk dalam Juara Pertama kategori Homestay

Selain menganggap homestay di Desa Kota Batu sudah sangat layak ada keunikan tersendiri jika wisatawan berwisata ke OKU Selatan terutama di desa desa diseputaran Danau Ranau khususnya Desa Kota Batu.

Untuk tempat tinggal sendiri wisatawan akan dimanjakan dengan hunian tempat tinggal yang merupakan rumah warga dan membaur dengan pemilik rumah dan warga sekitar.

“Tidak hanya itu dari segi pelayanan yang mengedepankan kekeluargaan membuat wisatawan betah untuk berlama lama menikmati Desa Wisata Kota Batu yang dikelilingi panorama alam yang indah seperti Sawah, Danau dan Pegunungan,” ungkap Budi.

“Kita bersyukur alokasi untuk wisata yang ada di APBN termasuk kategori fantastis guna memajukan wisata, nah OKU Selatan kaya akan wisata jadi kita harus bisa memanfaatkan Sumberdaya tersebut guna membangun desa desa wisata yang ada di OKU Selatan,”

Terakhir Budi Mulya menambahkan, seperti apa yang telah disampaikan oleh panitia, ke depan harapannya seluruh Desa Di OKU Selatan bisa bersaing mengikuti ajang seperti ini mewakili Kabupaten OKU Selatan.

“Karena mereka ternyata sudah mengetahui bahwa OKU Selatan sudah kaya akan Destinasi Wisata selain sudah terkenal akan keindahan Danau Ranau, OKU Selatan menyimpan puluhan wisata seperti puluhan wisata Air Terjun dan wisata bendungan buatan terbesar di Tiga dihaji yang saat ini masih dalam proses pengerjaan, hal itu menjadi modal besar bagi Kabupaten OKU Selatan kedepan,” tutupnya. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.