Kajari OKU: Bantuan Dana Parpol Harus Tepat Sasaran, Jangan Dialihkan Beli Mobil Ketua

kaban Kesbangpol Taupik (dari kiri) didampingi Kapolres OKU AKBP Leo Andi SIK MPp, Asisten 1 Mirdaili, serta Kejari OKU, Sugeng Sumarno saat Bimtek Penyusunan LPJ Parpol.

Baturaja,Sumselupdate.com – Kesbangpol Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Selasa (19/7), mengadakan Bimbingan Teknis penyusunan Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) terhadap 12 partai politik di wilayah OKU yang mendapat bantuan dana dari pemerintah.

Dua belas partai politik yang ikut bimtek di kantor Kesbangpol setempat itu antara lain partai Golkar, PKB, PKS, Demokrat, PAN, PPP, Bulan Bintang, PDI-P, Gerinda, PKPI, NasDem, serta Partai Hanura.

Ada yang perlu diperhatikan dengan baik oleh setiap partai politik yang mendapat bantuan ini. Pasalnya, Kejaksaan Negeri (Kejari) Ogan Komering Ulu (OKU), mengingatkan terhadap semua partai politik yang mendapatkan bantuan dana dari pemerintah untuk wajib memberikan pendidikan politik bagi setiap kader dan masyarakat dari bantuan dana tersebut.

“Wajib bagi setiap partai politik untuk mengalokasikan dana bantuan ini bagi pendidikan politik sehingga tepat sasaran,” tegas Kejari OKU Sugeng Sumarno saat menyampaikan materi di acara tersebut.

Hal itu kata dia dipertegas UU nomor 2/2011 yang membuat dua ketentuan atas adanya bantuan ini yakni ada pertanggung jawaban dan ada audit dari BPK.

“Sementara tidak ada laporan dari parpol maka ancamannya pemberhentian bantuan di tahun berikutnya,” terangnya.

Selain itu, Sugeng mengatakan, peran pungsi kejaksaan juga diatur pada UU 30 tahun 2002 kewenangan ini juga dipertegas melalui UU nomor 16 tahun 2004. “Tidak ada kata lain ini bantuan harus tepat sasaran. Jangan dialihkan beli mobil untuk ketuanya,” ucap Kajari.

Pihaknya kata dia, sangat terbuka lebar mengenai berbagai hal terkait bantuan ini dan lainya seandainya setiap parpol hendak berdiskusi atau saran pendapat.

“Jadi jangan takut untuk menggunakan anggaran, pertanyaanya mengapa harus takut jika Anda benar, kami kawal itu jika benar tapi sebaliknya jika salah akan kami usut tuntas,”terangnya.

Acara ini dibuka langsung oleh asisten 1 Mirdaili SSTP MSi, juga dihadiri pemateri lainya Kapolres OKU, AKBP Leo Andi Gunawan SIK, MPP serta Kaban Kesbangpol Taufik. (yan)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.