Dandim Kembali Imbau Warga Tidak Bakar Lahan Untuk Membuka Lokasi Pertanian

Letkol Inf M Thohir.

Muarabeliti,Sumselupdate.com – Dandim 0406/MLM (Musirawas-Lubuklinggau-Muratara), Letkol Inf M Thohir kembali mengingatkan warga di tiga daerah wilayah hukumnya, yakni Kota Lubuklinggau, Kabupaten Musirawas dan Musirawas Utara (Muratara), untuk tidak melakukan pembakaran lahan untuk membuka lokasi lahan pertanian baru, mengingat musim kemarau yang mulai melanda.

“Tentu imbauan dan sosialisasi terus kita sampaikan, apalagi saat ini mulai masuk musim kemarau, jadi jangan sampai kebakaran lahan kembali terjadi, sehingga membuat kabut asap parah seperti tahun lalu kembali terulang,” ungkap Dandim, Rabu (20/7).

Bacaan Lainnya

Ia menyampaikan, himbauan dan sosialisasi yang dilakukan pihaknya merupakan upaya antisipasi, agar hal-hal yang tidak diinginkan kembali terulang. Terlebih, sejumlah wilayah, khususnya petani di Kabupaten Musirawas dan Muratara masih menjadikan cara membakar lahan untuk membuka lokasi pertanian baru sebagai cara utama.

“Untuk antisipasi lain, khususnya dari TNI juga telah menyebarkan sejumlah zat kimia pencegah kebakaran, misalnya Bios 44 yang disebar menggunakan helikopter untuk mencegah api. Termasuk, kita juga menyiagakan alat pemadam kebakaran yang bisa bergerak cepat. Yang jelas, demi mengantisipasi kebakaran itu, kita juga telah menyampaikan kepada warga bahwa pembakar hutan akan diberikan hukuman tegas, sementara dari aparat keamanan sendiri, saat ini juga telah dibentuk Satgas Pemburu Pembakar Lahan,” ungkapnya. (ain)‎

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.