Cuaca Ekstrem, BPBD Empatlawang Keluarkan Imbauan

Sahrial Podril

Tebingtinggi, Sumselupdate.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Empat Lawang meminta warga selalu waspada terhadap bencana alam terutama saat kondisi saat ini.

Prakiraan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan curah hujan di wilayah Kabupaten Empat Lawang pada bulan Desember diprediksi cukup tinggi.

Read More

“Akhir tahun ini berdasar pada data dari BMKG curah hujan akan tinggi Empat Lawang sampai akhir Desember,” kata Kepala BPBD Empat Lawang, Sahrial Podril.

Ia melanjutkan terkhusus untuk warga yang ada di sekitar Kecamatan Pasemah Air Keruh (Paiker), Lintang Kanan, Sikap dalam dan Ulu Musi untuk waspada karena berpotensi alami banjir.

“Kecamatan Paiker, Ulu Musi, Sikap Dalam dan Lintang Kanan itu rawan banjir harus lebih waspada,” imbaunya.

Selain banjir kemudian juga untuk tanah longsor berdasarkan kondisi geografis, ia menyatakan rawan terjadi di Kecamatan Talang Padang, Paiker dan Ulu Musi, bergantung pada curah hujan.

Sebagai bentuk antisipasi akan potensi bencana itu BPBD telah menyampaikan informasi tersebut kepada masyarakat. “Juga kita siapkan tim TRC, peralatan dan logistik, koordinasi dengan pemangku kepentingan terkait dan alokasi lokasi pengungsian,” tutupnya.

Di tempat yang sama, Kabid Kesiapsiagaan BPBD Empat Lawang, Hery Pratama menambahkan, untuk bulan Desember ini,  merupakan puncak musim hujan. “Jadi, kita diimbau harus waspada lagi. Apalagi, kemarin curah hujan di wilayah Sumsel sangat tinggi sekali, yang menyebabkan Kawasan kota Palembang banyak yang terendam,” pintanya. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.