Cetak SDM Handal, Universitas PGRI Palembang Berkontribusi Jaga Kelestarian Komoditas Ikan Lokal Sumsel

Suasana webinar yang digagas Prodi Ilmu Perikanan Fakultas Perikanan via aplikasi zoom di ruang GPM FKIP Universitas PGRI Palembang, Selasa (21/7/2020).

Palembang, Sumselupdate.com – Universitas PGRI Palembang turut serta dalam berkontribusi menjaga kelestarian komoditas ikan lokal Sumatera Selatan (Sumsel) dengan mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal dan siap kerja.

Demikian dikatakan Rektor Universitas PGRI  Palembang, Dr Bukman Lian, MM, MSi saat membuka seminar online (webinar) yang digagas Program Studi (Prodi) Ilmu Perikanan Fakultas Perikanan via aplikasi zoom di ruang GPM FKIP Universitas PGRI Palembang, Selasa (21/7/2020).

Bacaan Lainnya

Rektor Universitas PGRI Palembang, Dr Bukman Lian, MM, MSi.

 

Webinar yang mengambil tema ‘Komoditas Ikan Lokal Sumatera Selatan Berpotensi Ekspor’ diikuti 358 peserta baik dari akademisi, praktisi, dan peserta dari berbagai instansi di Indonesia.

Dalam webinar ini mendatangkan dua nara sumber, yakni Dr Dina Muthmainnah, SSi, MSi, (Peneliti dari Balai Riset Perikanan Perairan Umum dan Penyuluhan Perikanan Palembang dan Island Fishery Resources Developtment and Management Department (IFRDMD) serta Southeast Asian Fisheries Developtment Center (SEAFDEC).

Dekan Fakultas Perikanan Universitas PGRI Palembang, Indah Anggraini Yusanti, SSi, MSi .

 

Nara sumber kedua, Sofian, SPi, MSi (Ketua Prodi Ilmu Perikanan, Fakultas Perikanan Universitas PGRI Palembang) dengan Moderator webinar Santi Mayasari, MPd.

Menurut Rektor, kontribusi nyata Universitas PGRI PGRI Palembang dalam menjaga kelestarian komoditas ikan lokal Sumsel dengan mencetak SDM handal dan siap kerja melalui Program Beasiswa Pendidikan pada Prodi Budi Daya Ikan Diploma III (D3).

Pemateri dan Ketua Prodi Ilmu Perikanan, Fakultas Perikanan Universitas PGRI Palembang, Sofian, SPi, MSi.

 

Di mana calon mahasiswa yang mempunyai kemampuan akademik namun kurang mampu secara ekonomi, tidak dipungut biaya satu rupiah pun.

Dikatakan Bukman, kontribusi Universitas PGRI Palembang dalam melestarikan komoditas ikan lokal Sumsel sangat penting.

Pemateri webinar dan peneliti, Dr Dina Muthmainnah, SSi, MSi.

 

Bukman beralasan Provinsi Sumsel memiliki perairan dan daratan yang cukup luas, namun belum termanfaatkan secara optimal sehingga potensi serta peluang usaha dalam bidang perikanan sangat terbuka lebar.

Berbicara tentang komoditas lokal Sumsel, Bukman mengatakan, ikan belida yang dikenal sebagai bahan utama pembuatan makanan khas Sumsel yakni pempek, saat ini sudah sangat sulit untuk didapatkan.

Moderator webinar Santi Mayasari, MPd.

 

Keberadaan ikan belida di Sumsel mulai terancam akibat eksploitasi secara berlebih dan besar-besaran. Namun upaya penangkaran ikan belida masih terkendala belum adanya teknologi yang tepat budidaya ikan belida.

Hingga saat ini pengkajian terhadap ikan belida masih terus dilakukan dalam upaya menjaga kelestariannya di alam, sehingga masih dapat dinikmati oleh anak cucu di masa mendatang.

Pada kesempatan itu, Bukman sangat mengapresiasi kegiatan webinar ini dan berharap kedepannya kegiatan ini akan terus berlanjut dan diikuti oleh fakultas-fakultas dan prodi yang ada di Universitas PGRI Palembang.

Peserta serius mengikuti webinar yang digagas Prodi Ilmu Perikanan Fakultas Perikanan via aplikasi zoom di ruang GPM FKIP Universitas PGRI Palembang, Selasa (21/7/2020).

 

Sementara itu, Dekan Fakultas Perikanan Universitas PGRI Palembang, Indah Anggraini Yusanti, SSi, MSi mengatakan dengan luasnya wilayah perairan, maka idealnya Sumsel memiliki keanekaragaman jenis ikan yang tinggi dan komoditas ikan tersebut memiliki potensi ekspor juga tinggi.

Maka dari itu, menurut Indah Anggraini Yusanti, diharapkan adanya kajian-kajian atau penelitian yang dilakukan secara kolaborasi antara akademisi dan peneliti, sebagai sarana transfer of knowledge and experience kepada masyarakat Indonesia umumnya dan kepada masyarakat Sumsel khususnya.

Suasana webinar yang digagas Prodi Ilmu Perikanan Fakultas Perikanan via aplikasi zoom di ruang GPM FKIP Universitas PGRI Palembang, Selasa (21/7/2020).

 

Tujuan akhir kata Indah, dalam rangka meningkatkan kualitas dan kuantitas produk perikanan sehingga dapat meningkatkan daya saing produk perikanan di tingkat global.

Indah Anggraini Yusanti yang saat itu didampingi Wakil Dekan Fakultas Perikanan, Fitra Mulia Jaya, SPi, MSi sangat mengapresiasi kegiatan webinar yang digagas Prodi Ilmu Perikanan Fakultas Perikanan Universitas PGRI Palembang.

Sementara itu, dalam sesi tanya jawab beberapa pertanyaan yang dilontarkan oleh peserta webinar melalui fiture chat zoom dan secara langsung dijawab oleh nara sumber.

Webinar yang digagas Prodi Ilmu Perikanan Fakultas Perikanan Universitas PGRI Palembang via aplikasi zoom.

 

Dalam webinar ini nara sumber pertama Dr Dina Muthmainnah, SSi, MSi membawakan materi bertemakan ‘Komitmen yang kuat untuk mewujudkan Indonesia mandiri, maju, adil dan makmur adalah tugas besar semua rakyat Indonesia, bukan beliau, bukan mereka, bukan dia, tapi kita semua.

Sedangkan nara sumber kedua Sofian SPi, MSi dengan materi ‘Kekayaan alam indonesia adalah masa depan bangsa, mari kita kelola dan jaga kelestariannya untuk masa depan lebih bahagia’.  (rel)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.