Cek Lahan Penanaman Jagung, Maksimalkan Ketahanan Pangan di Muba

Danrem 044 / Garuda Dempo, Brigjen TNI M Naudi Nurdika, SIP, MSi, MTr (Han) dan rombongan saat kunjungan di Guest House Griya Bumi Serasan Sekate, Jumat (26/8/2022).

Sekayu, Sumselupdate.com – Pj Bupati Muba H Apriyadi MSi diwakili Asisten Administrasi Umum Setda Muba Drs Syafaruddin, MSi bersama jajaran Forkopimda, menerima kunjungan Danrem 044/Garuda Dempo, Brigjen TNI M Naudi Nurdika, SIP, MSi, MTr (Han) dan rombongan, bertempat di Guest House Griya Bumi Serasan Sekate, Jumat (26/8/2022).

Kegiatan pertama Danrem 044 Gapo yaitu mengunjungi Kodim 0401 Muba untuk mendengarkan paparan Dandim 0401 Muba, sekaligus menyerahkan Bantuan Sosial Stunting sebanyak 25 Paket bagi anak-anak beresiko stunting di Kota Sekayu dan sekitarnya.

Read More

Selanjutnya, Danrem 044 Gapo didampingi Forkopimda Muba meninjau langsung tanaman jagung yang dilaunching pada 12 Juli kemarin, program penanaman jagung di lahan kosong dalam rangka Serbuan Teritorial Kodim 0401, bertempat di Lahan Percontohan Dinas TPHP Muba yang berada di Jalan Sekayu–Pendopo Kelurahan Soak Baru, Kecamatan Sekayu.

Danrem 044 / Garuda Dempo, Brigjen TNI M Naudi Nurdika, SIP, MSi, MTr (Han) dan rombongan saat kunjungan di Guest House Griya Bumi Serasan Sekate, Jumat (26/8/2022).

Usai dari sana, Jenderal Bintang Satu tersebut melanjutkan kunjungan ke Desa Sungai Harapan Kecamatan Lawang Wetan, dalam rangka mengecek lokasi bantuan pembangunan MCK dan Sumur Bor sekaligus membagikan bantuan Sosial Stunting sebanyak 25 Paket bagi anak-anak beresiko stunting.

Danrem 044/Garuda Dempo, Brigjen TNI M Naudi Nurdika, SIP, MSi, MTr (Han) mengatakan, hari ini bersama jajaran Pemkab Muba membagikan secara langsung bantuan paket berupa sembako, susu dan mainan kepada anak-anak yang beresiko stunting di wilayah kota Sekayu dan sekitarnya.

“Tujuannya, kita untuk mendorong penurunan program stunting karena di Sumsel masih cukup tinggi masih di angka 24% di atas rata-rata nasional yang 14 %, harapannya bisa lebih rendah di angka rata-rata nasional, dan di Muba sendiri masih terdata ada anak-anak yang stunting, oleh karena itu kita bersama jajaran Pemkab Muba bersinergi untuk mengatasi masalah ini,” ujarnya.

Brigjen TNI M Naudi Nurdika juga mengungkapkan bahwa, selain menyerahkan bantuan sosial stunting tersebut, dirinya juga mengecek langsung lahan tanaman jagung yang telah di garap oleh Kodim 0401 Muba bersama Pemkab Muba guna memanfaatkan lahan nganggur untuk ketahanan pangan, karena pangan merupakan komoditas penting dan strategis. Pangan adalah kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi.

“Kegiatan penanaman jagung di lahan kosong dalam rangka Serbuan Teritorial Kodim 0401 Muba tahun 2022, merupakan program KASAD berkerjasama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Muba melalui Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan (TPHP) di bidang pemberdayaan kelompok tani, penyiapan dan pengolahan lahan, penyiapan sarana produksi tanaman jagung, sosialisasi pemanfaatan lahan kosong kepada masyarakat guna meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat,” bebernya.

Sementara itu, Dandim 0401 Muba Letkol ARM Dede Sudrajat menyampaikan, dalam pelaksanaannya Kodim 0401/Muba melaksanakan Pembinaan Ketahanan Pangan dengan memanfaatkan SDM dan SDA secara efektif, efisien, ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Secara khusus, kegiatan ini membantu program Pemerintah untuk meningkatkan pencapaian hak atas pangan, meningkatkan ketahanan pangan nasional dan daerah, meningkatkan Kemanunggalan TNI dengan rakyat serta meningkatkan perekonomian agar ketersediaan logistik wilayah sesuai dengan kearifan lokal untuk kepentingan pertahanan negara.

“Kita semua berharap kegiatan penanaman jagung dalam rangka serbuan teritorial ini dapat terselenggara dengan baik dan sesuai dengan rencana yang telah direncanakan untuk mencapai hasil yang optimal,” tuturnya.

Sementara itu, Asisten Administrasi Umum Setda Muba Drs Syafaruddin, MSi mengatakan Pemkab Muba menyambut baik dan berterimakasih kepada Danrem 044 Gapo karena telah menyempatkan diri mengunjungi langsung Bumi Serasan Sekate.

“Kita Pemkab Muba akan selalu siap bersinergi dengan jajaran Kodim 0401 Muba, apalagi dalam hal sosial seperti mengatasi permasalahan stunting pada anak di Kabupaten Muba. Kita juga mendukung penuh program ketahanan pangan berupa pemanfaatan lahan kosong untuk dintanami jagung dan pangan lainnya, agar masyarakat Muba dapat sejahtera dengan ketahanan pangan yang baik,” ucapnya. (rel)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.