Butuh Payung Hukum Kuat untuk Menjaga Keberlangsungan Pembangunan IKN

Kamis, 2 Maret 2023

Jakarta,, Sumselupdate.com – Anggota MPR RI F-Golkar Muhammad Fauzi mengatakan, Ibu Kota Nusantara (IKN) sebuah program bersama yang pembangunannya harus dilakukan secara serius.

“Program IKN bukan atas nama pribadi seorang presiden, tapi merupakan sebuah produk pemerintahan, karena itu harus ditindaklanjuti siapapun nanti presiden terpilih,” kata Fauzi dalam diskusi Empat Pilar MPR RI bertajuk ‘Keberlangsungan Pembangunan IKN Tanpa Haluan Negara’, di Media Centre DPR RI Jakarta, Rabu (1/3/2023).

Bacaan Lainnya

Fauzi mengakui perlu satu payung hukum kuat untuk menjaga keberlangsungan IKN dan MPR mengkaji perlunya Pokok-pokok Haluan Negara (PPHN) sebagai pedoman pembangunan IKN.

Namun, amandemen untuk memasukkan klausul PPHN, mesti dalam suasana sejuk sebagaimana disampaikan Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet).

Mengingat, menjelang Pemilu 2024 sudah dekat, Fauzi berharap setelah Pemilu 2024, PPHN sudah dapat dimuat dalam amandemen UUD 1945.

“Karena pada saat masuk di di ruang-ruang yang sangat krusial seperti sekarang menjelang pileg kemungkinan orang melihatnya lebih banyak dari sudut pokok-pokok haluan negara yang kita harapkan itu sebagai sebuah pengganti GBHN,” tutur Anggota Komisi V DPR ini.

Sekretaris Otorita IKN Achmad Jaka Santos Adiwija menegaskan, menjelaskan pada prinsipnya Otorita IKN melaksanakan undang-undang dengan tugas dan fungsi sebagaimana tertera dalam UU 3/2022 disertai perincian rencana induk Perpres 63/2022.

“Konsep IKN bukan sekedar kota administrasi pemerintahan tapi menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru, menggeser dari Jawa sentris menjadi Indonesia sentris,” tegas Ahmad. (duk)

Bantu Kami untuk Berkembang

Mari kita tumbuh bersama! Donasi Anda membantu kami menghadirkan konten yang lebih baik dan berkelanjutan. Scan QRIS untuk berdonasi sekarang!


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.