Bupati OKI Sebut Sengaja MTQ Digelar Jauh Dari Perkotaan, Ternyata Ini Alasannya

Bupati OKI, Iskandar SE bersama Pimpinan Ponpes Al Furqon Pampangan, KH Khoiri, HZ sesaat sebelum membuka MTQ ke-29 tingkat kabupaten di Pondok Pesantren Al Furqon Desa Pampangan Kecamatan Pampangan, Rabu (19/2/2020).

Kayuagung, Sumselupdate.com – Bupati Ogan Komering Ilir (OKI), Iskandar SE membuka kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-29 tingkat Kabupaten Ogan Komering Ilir di Pondok Pesantren Al Furqon Desa Pampangan Kecamatan Pampangan, Rabu (19/2/2020).

Pelaksanaan gelaran MTQ kali ini mengambil tema mensyiarkan Alquran sebagai rahmatan lil alamin.

Bacaan Lainnya

”Kita syiarkan Alquran sebagai kitab rahmat bagi seluruh alam, agar rahmat-NYA itu senantiasa menaungi kita sebagai masyarakat Ogan Komering Ilir,” ujar Bupati OKI, H Iskandar, SE.

Bupati Iskandar mengatakan, sengaja MTQ tidak dilakukan di pusat kota melainkan di pedesaan agar semarak keagamaan terasa hingga desa-desa.

”Ketika dibacakan lantunan ayat suci Alquran tadi, saya teringat gebyar acara luar biasa dan MTQ ini jadi kebanggaan umat Islam,” imbuh Iskandar.

Iskandar mengatakan, hal ini menunjukkan MTQ semakin mengokohkan pribadi muslim.

Selain itu, Iskandar juga menyorot dampak sosial kemasyarakatan atas digelarnya kegiatan ini termasuk dampak ekonomi bagi warga sekitar.

“Bukan sekadar seremonial atau rutinitas dilakukan setiap saat. Ada fungsi sosial dengan diinapkannya para kafilah di rumah-rumah warga serta dampak ekonomi bagi warga sekitar,” imbuhnya.

”Mari gebyarkan MTQ di tahun selanjutnya, bukan hanya jadi juara melainkan silaturahim, kolaborasi, dan kebersamaan serta peningkatan kualitas keimanan yang akan dituju,” kata Iskandar.

Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggara sekaligus Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda OKI, Syamsudin, SHI mengatakan, selain jadi ajang syiar Alquran, gelaran MTQ juga untuk meningkatkan ukhuwah Islamiyah di Kabupaten OKI.

“Sebagai tuan rumah tentu Kecamatan Pampangan merasa berbangga bersama masyarakat kami akan sekuat tenaga melayani semua kafilah,” ujar Dia.

Syamsudin berterima kasih atas dukungan dan peran kolaborasi dan silaturahmi dari semua pihak atas penyelenggaraan MTQ kali ini

“Nilai kebersamaan dan persaudaraan muncul. Bahkan tahun ini dukungan dari berbagai sponsor dunia industri dan usaha berkolaborasi,” katanya.

Senada dikatakan Pimpinan Ponpes Al Furqon Pampangan, KH Khoiri, HZ yang mengaku terhormat telah dipercaya sebagai tuan rumah MTQ tingkat Kabupaten OKI 2020.

“Kami akan berusaha memberi yang terbaik dan tentu menjadi tuan rumah yang baik,” tandasnya.

Dalam MTQ ke-29 ini ada delapan belas kecamatan yang mengirimkan kafilah guna menunjukan syiar keagamaan dan syiar keislaman. (ban)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.