Bukit Sulap di Kota Lubuklinggau Surga Bagi Bunga Bangkai  

Salah satu bunga bangkai mekar di kaki Bukit Sulap tepatnya di RT 10, Kelurahan Ulak Surung, Kecamatan Lubuklinggau Utara II, Kota Lubuklinggau, Provinsi Sumatera Selatan, Senin (6/12/2021).

Laporan: Adnan Abidin

Lubuklinggau, Sumselupdate.com – Tiga pekan terakhir sedikitnya ada tiga kuntum bunga bangkai mekar di kaki Bukit Sulap tepatnya di RT 10, Kelurahan Ulak Surung, Kecamatan Lubuklinggau Utara II, Kota Lubuklinggau, Provinsi Sumatera Selatan.

Read More

Bunga berciri khas warna merah pekat ini hanya dapat tahan mekar sempurna sekitar lima sampai tujuh hari saja.

Pantauan Sumselupdate.com di kaki Bukit Sulap, Senin (6/12/2021), ada dua bunga bangkai sedang mekar.

Bunga jenis talas-talasan dengan nama latin Amorphophallus Titanum juga didapati mekar sempurna sekitar dua minggu lalu tidak jauh dari tempat tersebut.

Sudirman (27), seorang pengunjung Bukit Sulap mengungkapkan, dia mengetahui bunga bangkai tumbuh di kaki Bukit Sulap dari rekannya.

Mengetahui hal tersebut, mereka langsung bergegas melihat keberadaan bunga tersebut.

Menururnya, sekitar satu minggu lalu bunga bangkai masih kuncup, tapi sekarang sudah mulai mekar. Diameternya sekitar 35 sentimeter dan tingginya sekitar 70 sentimeter.

Menurutnya, bunga endemik pulau Sumatera itu sering ditemukan di sekitaran kaki Bukit Sulap.

Salah satu bunga bangkai mekar di kaki Bukit Sulap tepatnya di RT 10, Kelurahan Ulak Surung, Kecamatan Lubuklinggau Utara II, Kota Lubuklinggau, Provinsi Sumatera Selatan, Senin (6/12/2021).

“Ini tumbuhnya tidak begitu jauh dari jalan, jadi mudah dilihat. Semoga bunga bangkai tetap tumbuh disini, semoga tidak dirusak tangan jahil,” katanya.

Senada diungkapkan Ben, penggiat lingkungan mengungkapkan, jika lereng Bukit Sulap memang endemik bunga bangkai dan sudah beberapa kali warga sekitar sering mekar di lereng Bukit Sulap.

Biasanya bunga bangkai mekar dari bulan Agustus sampai Januari.

“Kawasan kaki Bukit Sulap memang habitat bunga bangkai. Paling banyak mekar di bulan November dan Desember, tapi lokasinya pindah-pindah,” katanya. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.