BPN OKU Timur Kembali Serahkan Sertifikat Tanah Pada Warga

Penyerahan sertifikat tanah kepada warga tiga Kabupaten OKU, OKU Timur dan OKU Selatan.

Laporan: Rahmat Agusman

Martapura, Sumselupdate.com – Kementerian Pertanahan Nasional melalui Badan Pertanahan Nasional Kabupaten OKU Timur, kembali melakukan penyerahan sertifikat tanah kepada warga tiga Kabupaten OKU, OKU Timur dan OKU Selatan.

Read More

Kegiatan yang dilaksanakan di Balai Rakyat Pemkab OKU Timur, pada Selasa, (14/12/2021) ini, dilakukan secara virtual dan diikuti oleh tiga provinsi, yakni Sumatera Selatan, Riau dan Provinsi Banten, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Dalam sambutannya, Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN), Sofyan A. Djalil menjelaskan, dengan adanya kepemilikan sertifikat tanah ini dapat mengurangi potensi konflik pertanahan.

Selain itu, menurut Sofyan, masyarakat yang memiliki sertifikat dapat mengetahui secara pasti lokasi, batas, dan luas tanah yang dimiliki.

Lebih lanjut Sofyan A Djalil menyampaikan, sertifikat ini bisa menjadi dijaminkan untuk kredit diperbankan. Dimana saat ini pemerintah terus menurunkan biaya kredit, terutama KUR, yang tadinya 22 persen hingga menjadi 6 persen pertahunnya. Hal ini menunjukan bahwa pemerintah sangat serius membantu masyarakat.

Ia juga mengucapakan terima kasih kepada Gubernur, Bupati, Walikota yang telah mendukung program PTSL ini. Begitu juga kepada insan BPN yang telah bekerja dengan sangat baik melayani masyarakat.

Selain itu, Sofyan mengucapkan selamat kepada para penerima sertifikat sebagai tanda bukti hak atas kepemilikan tanah.

“Selamat kepada masyarakat penerima sertifikat tanah secara simbolis. Tolong dijaga, dirawat dan dimanfaatkan tanahnya karena ini sudah memilki ketetapan hukum sebagai bukti kepemilikan,” ucapnya.

Sementara Kepala Kantor BPN OKU Timur Mahyuddin, dalam laporannya memaparkan, sebanyak 4337 bidang telah diserahkan secara simbolis kepada lima belas orang yang terdiri dari tiga Kabupaten yakni, Kabupaten OKU, OKU Timur dan OKU Timur. Namun untuk Kabupaten OKU Timur pada tahun 2021 BPN sudah menerbitkan sertifikat tanah sebanyak 2149 bidang.

Ia juga menjelaskan, manfaat PTSL untuk masyarakat ialah dapat memberikan kepastian hukum hak atas tanah, meminimalkan sengketa pertanahan, serta menentramkan, mensejahterakan, dan memakmurkan bagi masyarakat.

“Kami terus berkomitmen dalam melaksanakan visi dan misi Kementerian Agraria dan Tata Ruang atau BPN dalam mewujudkan pelayanan pertanahan yang berbasis teknologi,” ungkapnya.

Hadir pada acara ini Bupati OKU Timur H, Lanosin Hamzah, Sekda OKU Timur, Plh Bupati OKU Edward Chandra, Kepala Kantor Pertanahan BPN OKU Timur, Mahyuddin, unsur forkopimda Pemkab OKU Timur, OPD serta masyarakat penerima sertifikat. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.