Bobol Rumah, Penjual Ikan Diringkus

Tersangka Hatta saat gelar perkara

Palembang, Sumselupdate.com – Di saat warga sibuk silaturahmi ke rumah kerabat, ternyata hal tersebut dimanfaatkan oleh para pelaku pencurian rumah kosong. Salah satunya oleh tersangka Muhammad Hatta bin Ishak Bindung (22) warga Jalan Kedukan Lorong Prupitan No 30 Kecamatan Rambuatan Kabupaten Banyuasin ini. Ia berhasil ditangkap petugas Patroli Polsek Ilir Barat (IB) 1 Palembang, Sabtu (9/7) pukul 20.00.

Tersangka Hatta ditangkap petugas patroli sekitar 20 meter dari lokasi Tempat Kejadian Perkara (TKP) Rumah korban Julianti Bin Harjono (53) tepatnya di Jalan Lunjuk Jaya Rt 49 Rw 14 No 22 Kelurahan Lorok Pakjo Kecamatan IB 1 Palembang.

Bacaan Lainnya

Sedangkan ketiga rekannya, tersangka Anton warga Kecamatan Rambutan Banyuasin, tersangka Yudi dan Mail keduanya warga Plaju yang berhasil kabur dan masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) Polsek IB 1 Palembang.

Kejadian berawal saat korban Julianti yang hendak bersilaturahmi, meninggalkan rumah dalam kondisi rumah terkunci. Saat ditinggal, ternyata rumah korban didatangi empat tersangka dengan mengunakan dua unit sepeda motor. Tersangka Mail berboncengan dengan Hatta menggunakan motor Yamaha Mio putih dengan nopol BG 2986 ZC sementara tersangka Yudi dan Anton mengendarai sepeda motor Honda Vario Putih.

Sebelum beraksi para pelaku mengkonsumsi narkoba jenis shabu, lalu dengan berpura pura bertamu, dengan mengetok pintu, karena tidak ada jawaban, keempat tersangka ini mulai beraksi, mereka masuk dengan membuka pagar rumah, lalu Tersangka Anton dan Tersangka Mail mencongkel pintu depan rumah dengan mengunakan obeng dan masuk ke dalam rumah mengasak barang berharga korban.

Barang berharga yang barhasil dibawa kabur, seperti 1 unit Laptop Merk HP dan Merk Asus,  1 unit Camera Digital Merk Sony, Uang Tunai Rp 7 Juta, Kalung emas 1,5 suku. Gelang emas 1/2 suku, 6 buah jam tangan dan 3 unit HP ditafsir kerugian korban mencapai Rp 35 Juta.

Sementara barang bukti yang disita petugas dari tangan tersangka Hatta, 1 unit motor Yamaha Mio warna putih dengan nopol BG 2986 ZC, 1 unit laptop merk HP, 1 buah tas camera, 1 buah bilah senjata tajam dan peralatan seperti obeng, dan besi.

Menurut pengakuan tersangka Hatta, yang sehari hari berjualan ikan di Pasar Plaju. Dirinya nekat ikut rombongannya membobol rumah kosong karena butuh uang untuk biaya berobat ibunya yang sakit.

“Saya baru sekali ini pak, kalau ketiga teman saya itu sudah residivis, saya nekat karena butuh uang untuk biaya berobat ibu saya yang sedang sakit jantung” ujarnya.

Sementara itu, Kapolsek IB I Palembang AKP Handoko Sanjaya didampingi Kanit Reskrim Ipda Firdaus, menjelaskan jika kelompok tersangka Hatta cs ini tergolong sadis, di mana mereka tidak segan-segan akan melukai korbannya jika aksi mereka ketahuan.

“Mereka ini beraksi pada malam hari. Saat kita lakukan pengembangan kita dapati barang bukti di dalam motor, mereka ini bisa melukai korban ini didbuktikan mereka selalu membawa sajam, tersangka Hatta dapat ditangkap petugas patroli, sedangkan 3 rekannya berhasil kabur mereka masih kita buruh, atas perbuatanya tersangka Hatta kita jerat dengan Pasal 363 KUHP,” katanya saat gelar perkara Selasa (12/7). (ery)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.