BKPRMI Harus Kembali Kepada ‘Khittah’

Rabu, 13 Januari 2016
Pengurus Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) BKPRMI Sumsel dan DPD BKPRMI Kota Palembang usai pelantikan pengurus DPD BKPRMI Kota Palembang di Hall Parameswara Pemkot Palembang, Rabu (13/1).

Palembang, Sumselupdate.com — Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) harus kembali khittah-nya (garis besar perjuangan) untuk melakukan mengembangkan pembinaan secara kontinyu terhadap pemuda dan remaja masjid, sehingga nanti tercipta kaderisasi BKPRMI yang mumpuni kelak di kemudian hari.

“Selama ini BKPRMI banyak terfokus pembinaan anak TK dan TPA. Untuk itu ke depan saya ingin BKPRMI kembali terhadap khittah-nya yakni lebih mengoptimalkan pembinaan pemuda  dan remaja masjid,” ujar Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) BKPRMI Sumsel, Syamsul Rizal, SP usai melantik DPD BKPRMI Kota Palembang di Hall Parameswara Pemkot Palembang, Rabu (13/1).

Bacaan Lainnya

Pelantikan ini dihadiri Walikota Palembang H Harnojoyo diwakili Staf Ahli Bidang Sosial Masyarakat dan Kesra, Dr Ir Hj Anna Heriana, MT, perwakilan MUI, Kodim, puluhan ustazd, ustadzah, dan undangan penting lainnya.

Syamsul Rizal yang didampingi Bendahara DPW BKPRMI Sumsel, Mardiansyah mengharapkan seluruh lembaga-lembaga di BKPRMI dapat dimaksimalkan untuk bersinergi dengan pengurus BKPRMI Kota Palembang yang baru untuk lebih mengoptimalkan pembinaan terhadap pemuda dan remaja masjid.

Syamsul berharap pembinaan terhadap pemuda dan remaja masjid sama seperti dengan proses pembinaan TK dan TPA, di mana ada kurikulum, proses pembinaan dari ustadz serta ustadzah, ada evaluasi, pembagian rapor, hingga proses mengikuti wisuda.

Pun dengan pembinaan remaja dan pemuda masjid, menurut Syamsul lebih memaksimalkan unit-unit pembinaan dengan membentuk pengajian dan pembinaan rutin. “Buatlah kegiatan-kegiatan yang menarik pemuda dan remaja untuk datang ke masjid dan bergabung dengan BKPRMI dan ikatan-ikatan remaja masjid,” pesan Syamsul.

Sementara itu.  Ketua DPD BKPRMI Kota Palembang, K.Ag H Ridwan ZA, Sag mengatakan, akan lebih mengoptimalkan gerakan pembinaan pemuda dan remaja masjid.

Menurut dia, optimalisasi gerakan pembinaan pemuda dan remaja masjid ini sesuai dengan imbauan dari Majelis Ulama Indonesia (MUI), dewan masjid, Pemkot Palembang.

Selain mengoptimalkan gerakan pembinaan pemuda dan remaja masjid, DPD BKPRMI Kota Palembang akan lebih mengembangkan pembinaan TK dan TPA yang selama ini sudah berjalan.

Dikatakannya, bentuk nyata pengembangan tersebut dengan membentuk TK Alquran Terpadu. Program ini yakni menggabungkan TK Alquran dengan TK umum.

Di mana ouput dari program ini, siswa TK Alquran Terpadu ini diharapkan bisa membaca Alquran, juga berhitung, dan membaca huruf laten dengan baik dan benar. (hyd)

Bantu Kami untuk Berkembang

Mari kita tumbuh bersama! Donasi Anda membantu kami menghadirkan konten yang lebih baik dan berkelanjutan. Scan QRIS untuk berdonasi sekarang!


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.