Berkas Bacaleg Banyak Tidak Lengkap, Ketua KPU OKU: Perbaikan Ditunggu

Baturaja, Sumselupdate.com – Ketua KPU OKU, Naning Wijaya mengatakan bahwa dari hasil penelitian berkas Bacaleg yang dilakukan, pihaknya menemukan berkas bacaleg yang belum lengkap.

Karena hal itu, pihak KPU OKU akan menyerahkan berkas hasil penelitian ke pihak partai politik (Parpol) untuk dilakukan perbaikan dan melengkapi berkas yang kurang.

Read More

“Kita lakukan penelitian satu persatu berkas Bacaleg OKU. Hasilnya masih ada berkas yang belum lengkap. Ini akan kita serahkan ke pihak parpol untuk dilakukan perbaikan. Hasil perbaikan akan kita tunggu paling lambat pada 31 Juli nanti,” tegas Naning.

Naning menjelaskan, rata-rata berkas Bacalon dari 16 Parpol memiliki kekurangan. Misalnya, ada yang tidak melampirkan SKCK. Ada juga yang tidak melampirkan surat keterangan dari Pengadilan. Ada juga kata Naning yang izajah nya tidak dilegallisir. Jadi kekuranganya bervariasi.

“Yang mendominasi kekurangan berkas yakni surat keterangan hasil kesehatan rohani. Kalau Surat keterangan sehat jasmani dan bebas narkoba rata-rata sudah melampirkan. Untuk keterangan sehat Rohani banyak yang belum melampirkan. Ini yang kita minta untuk dilengkapi sampai dengan waktu yang ditetapkan sesuai tahapan,” kata Naning.

Naning tegas mengatakan, jika sampai batas akhir perbaikan berkas pada 31 Juli 2018 pihak parpol masih belum menyerahkan hasil perbaikan atau melengkapi berkas yang kurang maka Bacaleg yang tidak memenuhi persyaratan akan di coret.

Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Kabupaten OKU sudah mendaftarkan 35 orang Bakal Calon Legislatif (Bacaleg), ke KPU setempat. Serta 40 persen merupakan bacaleg keterwakilan perempuan yang siap bersaing merebut kursi DPRD OKU pada Pileg 2019 nanti.

“Sudah kita daftarkan. 40 persen keterwakilan perempuan atau dengan rincian 14 orang bacaleg perempuan dan 21 orang laki-laki,” kata Ketua DPC PKB OKU, Robi Vitergo saat dibincangi wartawan, Minggu (21/7/2018).

Robi menceritakan saat ini PKB OKU memiliki 3 kursi di DPRD OKU. Semuanya laki-laki. Kedepan pada Pileg 2019 mendatang kata Robi mereka menargetkan setiap dapil di daerah berjuluk bumi sebimbing sekundang ini, ada perwakilan perempuan menjadi Anggota DPRD OKU terpilih dari PKB.

“Target kita pada Pileg 2019 mendatang PKB OKU mampu meraih 5 kursi di DPRD. Dan Pastinya minimal ada 1 Anggota DPRD PKB yang terpilih merupakan keterwakilan perempuan,” tegas Robi.

Robi menjelaskan, dari berkas pendaftaran ke KPU OKU memang ada beberapa harus dilengkapi. Sebab dari hasil penelitian KPU OKU masih ada berkas yang kurang. “Ini yang kita lakukan saat ini melakukan perbaikan atau melengkapi berkasa yang kurang,” jelas Robi. (wid)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.