Berdalih Bisa Urus Izin Terminal Tanjung Api Api, Yuman Reza Tipu Rekan Hingga Ratusan Juta Rupiah

Tersangka Yuman Reza saat diperiksa intensif Unit II Jatanras Polda Sumsel, Rabu (23/3/2022).

Laporan: Diaz Erlangga

Palembang, Sumselpdate.com – Berdalih dapat mengurus izin Terminal Tanjung Api-Api, pria asal Tanggerang bernama Yuman Reza (39) justru diringkus Unit II Jatanras Polda Sumsel lantaran membawa kabur uang yang dimandatkan Effandi Chandra (65).

Read More

Kasus ini berawal dari laporan korban Effandi Chandra (65) yang merasa ditipu oleh rekannya sendiri Yuman Reza,) warga Palem Ganda Asri II, Kecamatan Karang Tengah, Tanggerang lantaran membawa kabur uang milik korban sejumlah Rp600 juta.

Kasubdit Jatanras III Polda Sumsel, Kompol Agus Prihadinika mengatakan, pelaku Yuman Reza diamankan di kediamannya dengan ada perlawanan pada Selasa (23/3/2022).

Kompol Agus Prihadinika mengatakan pelaku ditangkap atas ulahnya melakukan tindak pidana penipuan dan penggelapan yang terjadi pada 2019 lalu dengan korban Effandi.

“Atas kejadian ini korban mengalami kerugian kurang lebih Rp600 juta. Atas ulahnya pelaku dijerat pasal 372 atau 378 dengan ancaman penjara maksimal empat tahun penjara,” ujarnya, Rabu (23/3/2022).

Agus menambahkan pelaku sangat cerdik melakukan aksinya dengan menyakinkan korban, sehingga korban mau memberikan sejumlah uang kepada pelaku.

“Pada saat melakukan aksinya pelaku iniĀ  mengaku kalau melakukan aksi tersebut seorang diri, namun masih kita dalami,” jelasnya.

Sementara itu, saat pelaku Yuman saat diperiksa penyidik mengaku membantu korban dalam pengurusan izin terminal khusus untuk PT Musi Perkasa.

“Saya menerima uang dari korban untuk membuat izin terminal khusus PT Musi Perkasa,” jelasnya.

Meski begitu Yuman Reza masih berkilah dengan mengaku tidak pernah menandatangani surat yang berisikan perjanjian dengan korban.

“Saya akui saya tidak pernah menandatangani surat perjanjian apapun itu,” tutupnya. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.