Bengkulu Diguncang Gempa, Benda yang Tergantung Berayun-ayun

Ilustrasi

Bengkulu, Sumselupdate.com –Gempa bumi berkekuatan 5,3 skala richter (SR) terjadi di perairan Bengkulu, Selasa (12/7), sekitar 03.28. Pusat gempa berada di 111 KM sebelah barat daya Seluma, Bengkulu.

Kepala Bidang Mitigasi Gempa bumi dan Tsunami BMKG, Daryono, menjelaskan bahwa pusat gempa berada di laut 111 km sebelah barat daya Seluma, pada kedalaman 69 km.

Bacaan Lainnya

Getaran bumi terasa di beberapa wilayah seperti di Mukomuko, Ketaun, Bengkulu, Seluma, Mana, dan Bintuhan. Di daerah ini guncangan gempa bumi dirasakan oleh banyak orang, benda-benda tergantung berayun dan jendela kaca bergetar.

“Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi yang terjadi merupakan gempa bumi kedalaman menengah akibat aktivitas subduksi lempeng. Subduksi lempeng yang dimaksud adalah menyusupnya lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia,” kata Daryono dalam keterangannya, pagi ini kepada detikcom.

“Dalam hal ini hiposenter gempa bumi berada di Zona Benioff, yaitu bagian lempeng tektonik (slab) yang sudah mulai menukik di bawah permukaan lepas pantai Bengkulu,” jelas Daryono.

Meskipun pusat gempa berada di laut, namun tidak berpotensi tsunami. Apalagi, kekuatan gempa tergolong lemah.

Hingga pukul 04.00 WIB, belum ada laporan dirasakannya gempa susulan. “Untuk itu kepada masyarakat di Pesisir Provinsi Bengkulu diimbau agar tetap tenang dan tidak terpancing isu yang tidak bertanggungjawab karena gempa bumi ini tidak berpotensi merusak,” tegas Daryono. (hyd)

PDIP

PKB

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.