Belum Tersentuh Pembangunan, Warga Minta Jalan Desa Talang Padang Tinggi Lahat Diaspal

Kondisi Jalan Desa Talang Padang Tinggi yang belum diaspal

Laporan : A Putra

Lahat, Sumselupdate.com – Sejak dahulu, jalan utama menuju ke Desa Talang Padang Tinggi Kecamatan Pajar Bulan Kabupaten Lahat, belum pernah tersentuh pembangunan sama sekali.

Read More

Menurut Dian Putra Kusuma Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Talang Padang Tinggi, pihaknya ingin agar jalan itu dapat diaspal atau dibangun, karena sudah menjadi urat nadi masyarakat di desa itu.

“Terlebih, ini merupakan satu satunya akses jalan ke desa, yang belum tersentuh pengaspalan di Kecamatan Pajar Bulan, di desa desa lain di Pajar Bulan sudah semua di aspal,” kata dia, Selasa (01/03/2022).

Dian meminta, Pemerintah Kabupaten Lahat, dapat merealisasikan kehendak masyarakat Desa Talang Padang Tinggi, pasalnya tidak ada akses lain yang digunakan untuk beraktivitas.

“Ini kalau hujan, banyak genangan air, jadi kami kesulitan untuk pergi ke sekolah, ke pasar, belanja, guru guru mau mengajar juga susah, untuk berobat susah, bahkan untuk mengeluarkan hasil panen juga sulit, karena terkendala jalan yang belum pernah diaspal,” ujar dia.

Dian mengaku, jalan disana sudah sangat layak untuk diaspal, karena sudah dilakukan pengerasan dengan batu selama puluhan tahun.

“Panjang jalan kurang lebih 12 kilometer, sudah diaspal 4 kilometer, sisanya sekitar 8 kilometer lagi yang belum. Kalau diaspal, kami tidak akan terkendala lagi untuk beraktivitas,” tutur dia.

Sementara itu, Hengki Januardo petani di Talang Tampaan, salah satu dusun di Desa Talang Padang Tinggi, dia mengaku, pertanian kopi di sana juga sangat luas, sehingga menjadi salah satu andalan masyarakat, dalam memenuhi kebutuhan sehari hari.

“Kalau lahan pertanian, terutama komoditas unggulan kopi, sangat luas, dan semua itu menyumbang PAD yang besar juga. Jadi memang tidak ada alasan lagi untuk tidak diaspal, ditambah, disetiap Musrenbang tingkat kecamatan, jalan ini selalu di usulkan dan menjadi prioritas di Kecamatan Pajar Bulan,” pungkasnya.(**)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.