Bawaslu PALI Pantau Penjaringan PKD

Rabu, 1 Februari 2023
Ketua Bawaslu PALI pantau proses tes wawancara calon PKD.

PALI, sumselupdate.com – Meski proses penjaringan calon Pengawas tingkat Kelurahan dan Desa (PKD) diserahkan sepenuhnya kepada Panwaslu kecamatan, tetapi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten PALI tetap melakukan pemantauan.

Hal itu dilakukan agar proses perekrutan calon PKD berjalan transparan dan sesuai aturan yang berlaku serta menghindari dugaan main mata antara penyelenggara dan peserta.

Bacaan Lainnya

Diungkapkan H. Heru Muharam ketua Bawaslu PALI, didampingi dua komisioner Bawaslu PALI lainnya, Iwan Dedi dan Basrul, SAP juga Korsek Bawaslu PALI Adi Kurniawan bahwa monitoring saat penjaringan PKD dilakukan sejak proses pendaftaran.

“Seluruh komisioner Bawaslu PALI hampir setiap hari memantau proses penjaringan PKD ke setiap sekretariat Panwaslu kecamatan sejak tahapan pendaftaran hingga saat ini memasuki tes wawancara,” ungkap H Heru Muharam, Rabu (1/2/2023).

Monitoring ke setiap Sekretariat Panwaslu kecamatan diakui H Heru Muharam, untuk memastikan proses penjaringan PKD berjalan transparan.

“Saat ini sudah memasuki tahap akhir, tidak lama lagi akan diumumkan calon PKD terpilh. Karena kami yang turun langsung memantau proses ini, kami yakin yang terpilh sebagai PKD benar-benar memiliki kemampuan yang masuk kriteria sebagai PKD,” tandasnya.

Sementara itu, Anton Aprizon anggota Panwascam Penukal Utara menyatakan bahwa tes wawancara di kecamatan Penukal Utara dilakukan dua tahap.

“Tes wawancara di Penukal Utara dibagi dua gelombang. Dimana gelombang pertama diikuti 22 peserta, terdiri dari 7 orang perempuan dan laki-laki 15 orang. Dan hari ini (Rabu) dilanjutkan gelombang kedua diikuti 25 peserta,” katanya.

Disebutkan Anton bahwa peserta yang lolos hingga tes wawancara di kecamatan Penukal Utara ada 50 peserta yang nantinya akan dipilih 13 peserta yang bertugas di 13 desa dalam kecamatan Penukal Utara.

“Antusias masyarakat dalam mengikuti seleksi PKD cukup tinggi. Tentu kami sangat apresiasi karena hingga tahapan tes wawancara berjalan tertib serta peserta terlihat sangat semangat. Harapan kami calon PKD yang terpilih nanti bisa bekerja profesional sesuai aturan yang berlaku sehingga proses Pemilu berjalan sukses,” harapnya. (ans)

Bantu Kami untuk Berkembang

Mari kita tumbuh bersama! Donasi Anda membantu kami menghadirkan konten yang lebih baik dan berkelanjutan. Scan QRIS untuk berdonasi sekarang!


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.