Baru Lima Menit Berikan Kultum, Imam Masjid di Palembang Roboh dan Meninggal

Jemaah masjid saat mencoba memberikan pertolongan pertama kepada korban, Aswi Diky.

Laporan: Haris Widodo

Palembang, Sumselupdate.com – Jamaah Masjid Darul Mutaqim yang terletak di Jalan Maskarebet Raya, Kelurahan Talang Kelapa, Kecamatan Alang-Alang Lebar, Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan dihebohkan dengan jatuhnya tubuh Imam Masjid di mimbar saat menyampaikan kultum (kuliah tujuh menit).

Bacaan Lainnya

Wahid Husein (50) saksi mata mengatakan peristiwa tersebut terjadi semalam, Kamis (22/4/2021) pukul 19.30 WIB menimpa Drs HM Hasbi Assidiqi, MPdI saat menjadi imam dan memberikan kultum setelah mendirikan shalat Isya.

“Biasanya ‘kan kita sebelum melaksanakan shalat tarawih kita mendengar kultum. Kebetulan jadwal beliau. (Hasbi Assidiqi) imam dan menyampaikan kultum. Namun baru lima menit memberikan kultum tentang bahasan rezeki, beliau tiba-tiba terduduk dan jatuh tergeletak,” ujar Wahid Husein saat ditemui di Masjid Darul Mutaqim, Jumat (23/4/2021).

Jemaah masjid saat mencoba memberikan pertolongan pertama kepada korban.

Kemudian jemaah yang memenuhi masjid sontak langsung menolong imam masjid untuk melihat keadaannya. Saat itu pula ada anak dari korban menyambangi ayahandanya dan memberikan pertolongan.

Dikatakan Wahid Husein, korban langsung dibawa ke RS Rasid Jalan Kolonel H Burlian Palembang untuk mendapatkan pertolongan, namun apa daya takdir berkata lain. Nyawa korban sudah tak tertolong.

“Dia itu tak ada riwayat penyakit. Saat kejadian, tiba-tiba saja terjatuh seperti itu dan anaknya memberikan pertolongan dengan memberikan nafas buatan,” katanya.

Diketahui darinya korban baru kali pertama di bulan suci Ramadhan 1442 Hijriah menjadi imam masjid dan tinggal tak jauh dari masjid Darul Mutaqim.

Rencananya jenazah korban akan dikebumikan di TPU Kebun Bunga setelah shalat Jumat dan saat ini jenazahnya sudah berada di Masjid Darul Mutaqim untuk dishalatkan. (**)

PDIP

PKB

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.