Baru Berhijab, Foto e-KTP Warga Palembang Bisa Diganti

Pelayana warga yang minta pergantian e-KTP.

Palembang, Sumselupdate.com – Kabar gembira, bagi warga Palembang yang ingin menganti foto e-KTP dengan dua alasan ini, kini sudah bisa dilayani. Salah satunya karena baru menggenakan hijab.

Hal ini sesuai dengan arahan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Tapi, kabar menggembirakan tersebut tidak berlaku untuk semua e-KTP, karena blangko di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) juga terbatas.

Kepala UPT Disdukcapil Mall Pelayanan Publik (MPP) Jakabaring, Lutia Nazla mengatakan, saat ini baik di kantor Disdukcapil Kota Palembang ataupun di MPP juga menerima layanan untuk penggantian foto pada e-KTP.

Hanya saja, sesuai dengan arahan Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh, ada syarat tertentu untuk pergantian foto e-KTP. Pertama yang sebelumnya tidak berjilbab dan sekarang sudah berjilbab, kedua ketika e-KTP yang bersangkutan sudah rusak, buram atau terkelupas dan ingin sekalian mengganti foto.

“Kita lebih prioritaskan kepada yang lebih membutuhkan, mengingat tercukupinya jumlah blangko yang tersedia di Dukcapil, sebab lebih banyak yang membutuhkan. Jika kondisi e-KTP yang ingin diganti tidak rusak tapi ingin mengganti foto kami imbau untuk menunda dulu,” katanya, Jumat (19/2/2021).

Permintaan warga Kota Palembang untuk mengganti e-KTP/ perubahan element cukup banyak. Dalam sehari, Disdukcapil Kota Palembang khususnya di MPP Kota Palembang lebih dari 50 Keping e-KTP. Mayoritas untuk perubahan elemen seperti perubahan alamat.

“Kalau yang ganti karena buram, patah atau rusak banyak, sudah tidak terhitung lagi jumlahnya,” katanya.

Dengan syarat untuk pergantian e-KTP wajib menyertakan fotokopi Kartu Keluarga dan membawa e-KTP asli yang rusak untuk kemudian diganti.

“Sejauh ini di MPP masih melayani juga perekaman e-KTP baru. Prioritas pada mereka yang belum punya KTP. Khusus di MPP blanko e-KTP yang didrop mencapai 500 keping. Itupun 10 hari kerja sudah habis,” katanya. (Iya)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.