Bangga Bisa Bergabung di Laskar Gelatik

Kepala dinkes kabupaten PALI ketika memakaikan rompi ke laskar gelatik

PALI, Sumselupdate.com – Para siswa yang tergabung Laskar Gelatik (Gerakan Lawan Jentik) yang baru saja dilaunching oleh Dinas Kesehatan Kabupaten PALI, Selasa (23/8) pagi merasa bangga bisa menjadi bagian dari laskar Gelatik.

Seperti yang diutarakan oleh Miranda siswi kelas XI dari SMK Peris kecamatan Talang Ubi kabupaten PALI. Menurutnya, dengan tergabung di Laskar Gelatik itu, dirinya bisa membantu masyarakat dalam mencegah penyakit yang disebabkan oleh nyamuk.

Bacaan Lainnya

Kendati demikian, dara asli Kabupaten PALI ini tak jarang menemukan kendala ketika melakukan pemantauan jentik di wilayah kerjanya.

“Kadang ditanyo-tanyo warga, untuk apo gawe cak ini. Kadang jugo ado yang dak seneng dan idak nerimo kedatangan kami. Padahal kami di sini bertugas untuk memantau jentik dan memberikan obat agar jentik nyamuk yang ada di tempat penampungan air bisa mati,” ujar Miranda.

Miranda bersama teman-temannya mengaku telah mengikuti kegiatan ini sejak bulan Januari lalu.

“Dari bulan Januari kak ikut ini. Terus tugas kami mantau ke rumah-rumah warga setiap minggu, kadang jugo satu bulan sekali. Dan setiap sekolah ngirim 20 siswa untuk tergabung dalam laskar gelatik,” tambah Miranda.

Soal gaji, Miranda mengaku menerima upah sebesar Rp 140.000,-.

“Gaji ado kak, tapi idak sebulan sekali nerimonyo. Tapi yang jelas, kami idak lihat dari sisi gajinyo kak, melainkan kami seneng biso membantu masyarakat mencegah penyakit misalnyo DBD atau kaki gajah. Hal itu bae sudah buat kami bangga kak,” tandasnya.

Ditambahkan oleh Yunita, siswi kelas XII SMA YPIP Peris.

“Kalu wilayah tugas aku di daerah Handayani Mulya samo Talang Jawo kelurahan Talang Ubi Barat. Pas tugas ke lokasi, kami berempat kak. Memang kadang-kadang kami idak diterimo oleh warga, tapi kami tetap semangat untuk membantu pemkab PALI dalam menyukseskan program lawan jentik ini,” ujar Yunita.

Dirinya berharap, agar apa yang telah dilakukannya bisa bermanfaat bagi masyarakat khususnya dan kabupaten PALI pada umumnya. (adj)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.