Badan Kehormatan Copot Jabatan Ketua DPD Irman Gusman

Irman Gusman (merdeka.com)

Jakarta, Sumselupdate.com– Badan Kehormatan Dewan Perwakilan Daerah (BK DPD) RI memutuskan mencopot Irman Gusman dari jabatannya sebagai Ketua DPD RI. Alasan utama pemberhentian tersebut yakni tindakan Irman yang dinilai telah menyalahgunakan wewenangnya sebagai pimpinan DPD.

“Kami sudah lakukan dengar pendapat dengan ahli hukum maupun Sekjen DPD dan memutuskan Irman Gusman diberhentikan,” kata Ketua BK DPD, AM Fatwa, Senin (19/9) malam.

Bacaan Lainnya

Menurut Fatwa, pemberhentian Irman Gusman juga didasari oleh tata tertib 2016 DPD di Pasal 52 ayat 3 yang menjelaskan bahwa pimpinan DPD harus diberhentikan jika ditetapkan sebagai tersangka sebuah kasus.

Soal keanggotaan Irman sebagai anggota DPD, lanjut Fatwa, itu akan diputuskan sesuai dengan putusan pidana dari Irman Gusman. Untuk saat ini, BK DPD hanya membatasi putusan sampai pelanggaran etik saja.

“Jadi etiknya sudah jelas, yaitu penyalahgunaan jabatan dan mencederai lembaga,” ujarnya.

Sementara itu terkait dengan surat penetapan tersangka dari KPK, ditegaskan Fatwa, BK DPD tak membutuhkan itu karena semuanya sudah jelas. Bahkan kabarnya, pihak keluarga sudah mendapatkan surat penahanan dan penetapan tersangka tersebut.

Hasil dari BK DPD ini selanjutnya akan dibacakan di rapat paripurna besok, Selasa (20/9). (shn)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.