Babinsa Koramil 404-01 Gelumbang Lakukan Walping MKJP

Kegiatan walping MKJP Babinsa Koramil 404-01 Gelumbang

Muaraenim, Sumselupdate.com – Babinsa Koramil 404-01 Gelumbang melakukan giat pengawalan pendampingan (Walping) terhadap pelaksanaan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP), Rabu (31/3/2021) di Puskesdes Gaung Asam kecamatan Belida Darat, Muaraenim.

Diungkapkan Dandim 0404 Muaraenim Letkol Inf Erwin Iswari melalui Danramil 404-01 Gelumbang Kapten Arh Mardi SE mengungkapkan bahwa Walping ini adalah salah satu bentuk  Pendampingan terhadap masyarakat didalam segala hal baik dari kegiatan masyarakat hingga aktifitas masyarakat di dalam melakukan kegiatannya.

Read More

“Giat ini merupakan salah satu bentuk tugas dari Babinsa di desa Binaannya, mengingat Babinsa adalah unsur pelaksanaan Koramil yang bertugas melaksanakan Pembinaan Teritorial (BINTER) di wilayah pedesaan/kelurahan. Nah, apa yang dilakukan oleh Babinsa kita yakni Serka Didik Permana dan Kopda Doni Iskandar hari ini merupakan bentuk pendampingan terhadap masyarakat didalam mengikuti kegiatan MKJP,” ungkapnya, Rabu (31/3/2021) kepada sumselupdate.com.

Lanjut, Arh Mardi kemampuan seorang Babinsa sangatlah menentukan di dalam keberhasilan bina teritorial.

Kegiatan Walping

“Kemampuan Babinsa sangat menentukan keberhasilan BINTER sehingga di dalam melaksanakan tugasnya Babinsa selalu berkoordinasi dengan aparat terkait di Desa/ Kelurahan seperti tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda agar tidak terjadi kegagalan-kegagalan dalam melaksanakan tugasnya,” lanjutnya.

Terakhir Arh Mardi menerangkan Babinsa adalah pelaksana Danramil dalam melaksanakan fungsi pembinaan yang bertugas pokok melatih rakyat memberikan penyuluhan di bidang Hankam dan Pengawasan fasilitas dan prasarana Hankam di Pedesaan.

“Babinsa adalah pelaksana Dan Ramil dalam pelaksanaan BINTER yang berhubungan dengan perencanaan, penyusunan, pengembangan, pengerahan serta pengendalian potensi wilayah dengan segenap unsur geografi, demografi serta kondisi sosial untuk dijadikan sebagai ruang, alat dan kondisi juang guna kepentingan Hankam Negara,” pungkasnya.

Adapun pada Giat babinsa Koramil 404-01 Gelumbang di kec Belida Darat ini juga dihadiri oleh Kepala bidang KB Dinas Muaraenim Idaria  dengan didampingi oleh dua orang Kasinya yaitu Yuk Astuti dan Emi Riana), kemudian Ibu Sekcam kecamatan Belida Darat, dan Bidan desa Gaung Asam.

Adapun peserta yang ikut pada MKJP ini berjumlah 12 orang yang menggunakan metode Iplan sementara yang Pil tidak ada. Terpantau pada giat ini berjalan dengan tertib dan aman. (dan)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.