Awali 2021, Juarsah Sidak Sejumlah OPD Hasilnya di Luar Dugaan

Bupati Muaraenim H Juarsah melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Muaraenim, Sumselupdate.com – Mengawali 2021, Bupati Muaraenim H Juarsah didampingi Penjabat Sekretaris Daerah dr H Yan Riyadi MARS, melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan instansi di lingkup Pemkab Muaraenim, Senin (4/1/2021).

Dalam sidak ini, Juarsah mengecek absensi dan daftar hadir Aparatur Sipil Negara (ASN) ataupun pegawai Kesepakatan Kerja Waktu Tertentu (KKWT) yang ada di OPD yang disambanginya.

Bacaan Lainnya

Pada kesempatan ini, Juarsah tidak mendapati satu pun anak buahnya bolos masuk kerja dan ia mengklaim kehadiran Aparatur Sipil Negara (ASN) mencapai 100 Persen.

“Absensi hari ini 100 persen hadir, saya pikir tadinya ada di pasca libur tahun baru ini banyak yang bolos,” kata Juarsah saat diwawancarai disela kegiatan sidak di RSUD HM Rabain Kota Muaraenim.

Awalnya Juarsah menduga banyak ASN lingkup Kabupaten Muaraenim bolos kerja, pasca menjalani libur akhir tahun. Namun dugaan tersebut ternyata tidak ia temukan karena seluruh ASN dipastikan masuk kerja.

Diakuinya, absensi pegawai menjadi sorotan utama pihaknya melakukan sidak.  Pada sidak yang juga diikuti kepala BKSDM dan sejumlah OPD terkait diawali dengan mendatangi Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Muaraenim. Dikantor ini, Juarsah melihat langsung jalannya pelayanan masyarakat yang mengurus identitas penduduk.

Di sini, Juarsah tidak menemukan kendala masyarakat. Namun ada suara keluhan mengenai program pemerintah seperti asuransi kematian yang terlambat cair.

“Keterlambatan itu, oleh karena ahli musibah. Solusinya, kita harus berikan layanan proaktif alias jemput bola, unsur pemerintah paling bawah seperti RT dan kades harus segera mendatangi ahli musibah, dengan memberikan format formulir untuk diserahkan ke catatan sipil, sehingga klaim lebih cepat,” ungkapnya.

Sidak dilanjutkan ke Kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Muaraenim dan ke Dinas Sosial Muaraenim, dan RSUD dr HM Rabain.

Juarsah juga menyempatkan memantau langsung masyarakat yang ingin berobat ataupun yang sedang mendapat perawatan di rumah sakit. Meski tak mendapati kendala disektor pelayanan, Juarsah menyebut pihak RSUD HM Rabain, perlu meningkatkan kembali kebersihan disejumlah fasilitas.

“Selebihnya tidak ada, pasien yang saya tanya mereka jawab puas dengan pelayanan, mengenai fasilitas memang ada beberapa peralatan tidak sesuai atau kurang canggih, kedepannya segera kita support dengan APBD,” terangnya.

Lebih lanjut, Juarsah menegaskan sidak akan tetap rutin dilakukan untuk mengontrol kinerja para ASN dan pelayanan kepada masyarakat.

“Intinya tidak ada temuan, tapi ada beberapa hal yang jadi catatan untuk kita tingkatkan khususnya pada pelayanan masyarakat umum, ini jadi bahan intropeksi dan koreksi masing-masing supaya kinerja lebih baik ditahun 2021,” pungkasnya. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.