Asrama Haji OKU Timur Mulai Tak Terurus

Penampakan terkini Asrama Haji di Kabupaten OKU Timur.

Laporan: Rahmat Agusman

Martapura, sumselupdate.com – Bangunan Asrama Haji di Kabupaten OKU Timur, yang dibangun pada massa kepemimpinan Herman Deru, yang saat itu menjabat sebagai Bupati, kini terlihat terbengkalai dan tidak terawat.

Terlihat, dari kondisi bangunan luar maupun di dalam gedung sudah tampak tak terurus, lantai yang kumuh, kotor hingga plafon sudah banyak yang amblas.

Bahkan parahnya lagi, tepat di depan pintu masuk bagian belakang, gedung pepohonan menjulang hingga mencapai atap gedung.

Tak sampai di situ, lapangan yang terdapat bangunan Ka’bah Replika yang semestinya bisa digunakan para jamaah haji untuk kegiatan Manasik, kinj dipenuhi rerumputan yang tingginya sepinggang orang dewasa.

Padahal bangunan asrama haji ini diketahui menghabiskan dana miliaran, pemanfaatannya tidak dilakukan sebagaimana mestinya.

“Kemana anggaran perawatan gedung ini, seharusnya pemerintah daerah memperhatikan kondisi asrama haji saat ini. Sangat disayangkan, ini salah satu aset daerah namun dibiarkan rusak,” keluh salah satu warga, yakni putra.

Ia juga menyayangkan letak bangunan yang berada dipinggir jalan ini juga tak jauh dari pusat perkantoran pemkab OKU Timur, bahkan bersebelahan persis dengan RSUD.

“Terkesan pembiaran dari pemerintah, padahal asrama haji ini dekat dengan kantor Bupati,” tuturnya lagi.

Sementara, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) OKU Timur Agustian Fahrimale saat dikonfirmasi, menyebutkan, terkait gedung Asrama Haji yang merupakan salah satu aset Pemkab OKU Timur terbengkalai ini enggan memberikan komentar.

“Saya lagi dinas luar, nanti dihubungi lagi,” ucap Agus singkat melalui pesan WhatsApp pribadinya. Kamis, (23/6/2022).

Terpisah, Kabag Kesra Setda OKU Timur H Sukran saat dikonfirmasi terkait gedung Asrama Haji yang terbengkalai ini juga enggan memberikan banyak penjelasan.

Saat disinggung terkait perawatan gedung Asrama Haji tersebut merupakan tanggung jawab Kesra, Sukran juga tidak memberikan jawaban secara pasti.

“Mohon maaf pak, nanti dikonfirmasi dulu kebagian umum,” katanya singkat. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.