Aspal Karet & Gambo Muba Bakal Masuk E-Katalog 

Rapat Koordinasi Perangkat Daerah dalam rangka Persiapan Pembentukan Katalog Elektronik Lokal Kabupaten Musi Banyuasin Secara Virtual di Kantor Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) di Jakarta Selatan, Jumat (13/11/2020).

Jakarta, Sumselupdate.com – Tingginya antusias dan apresiasi terhadap produk lokal Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), diantaranya produk Gambo Muba dan aspal karet membuat Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin, berupaya memaksimalkan pemasaran, kualitas serta kuantitasnya.

Berkaitan dengan hal tersebut, sang Bupati bersama Wakilnya Beni Hernedi, memiliki komitmen untuk mengembangkan Katalog Elektronik Lokal.

Bacaan Lainnya

“Dalam kurun waktu satu minggu ke depan Perangkat Daerah menyusun kajian teknis dari produk yang akan diusulkan kedalam Katalog elektronik daerah,” ungkap Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin di sela Rapat Koordinasi Perangkat Daerah dalam rangka Persiapan Pembentukan Katalog Elektronik Lokal Kabupaten Musi Banyuasin Secara Virtual di Kantor Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) di Jakarta Selatan, Jumat (13/11/2020).

Dijelaskan, produk unggulan Muba yang bisa diusulkan kedalam Katalog Elektronik yakni, Aspal Karet yang mana bisa menaikkan kesejahteraan petani karet di Sumatera Selatan, khususnya petani karet di Musi Banyuasin.

“Kemudian, Batik Gambo yang mampu mengangkat ekonomi petani getah gambir. Gambo Muba adalah tekstil khas metode jumputan, diwarnai dengan dicelup getah gambir yang awalnya dianggap limbah dan dibuang percuma. Selain itu juga ada produk lokal lainnya,” ulasnya.

Lanjutnya, selama pelaksanaan penyusunan kajian ini, perangkat daerah akan bekerja sama dengan Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setda Muba dan berkonsultasi dengan LKPP RI.

“Dalam proses penyusunan Katalog Elektronik Lokal ini seyogyanya senantiasa berkonsultasi dengan LKPP. Dengan demikian apabila telah tersusun Katalog Elektronik Lokal ini, kedepannya untuk pelaksanaan pekerjaan yang berulang tidak perlu dilaksanakan dengan Tender cukup dengan E-purchasing,” tegasnya.

Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), Roni Dwi Susanto, mengapresiasi Bupati Muba dalam upaya mengembangkan, memanfaatkan, serta memasarkan produk lokal Muba.

“LKPP akan siap mendampingi untuk memberikan masukan dalam upaya Pemkab Muba mengembangkan e-katalog lokal,” ucapnya.

Menurutnya, Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin punya komitmen serius dalam memanfaatkan produk lokal daerah sendiri yang tentunya memberikan kontribusi positit peningkatan kesejahteraan masyarakat lokal.

“Semoga nantinya proses pengembangan e-katalog lokal Muba dapat berjalan lancar,” tandasnya.

Pada kesempatan Rapat Koordinasi Perangkat Daerah dalam rangka Persiapan Pembentukan Katalog Elektronik Lokal Muba juga turut dihadiri Deputi Bidang Monitoring Evaluasi dan Pengembangan Sistem Informasi Salusra Widya, Direktur Pengembangan Sistem Katalog Yulianto Prihhandoyo, Analis Kebijakan Madya Harry Sri Kahartan, dan Analis Kebijakan Muda Hilman Fazri.

Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin turut didampingi Staf Ahli Bupati Bidang Keuangan Badruzzaman, Kepala Dinas Kominfo Muba Herryandi Sinulingga AP,  dan Kabag Pengadaan Barang dan Jasa Setda Muba Daud Amri, Kabag Umum Setda Muba Seprizal, serta di hadiri secara virtual oleh Kepala Perangkat Daerah terkait. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.