Dua Tahun DPO, Warga Muaraenim Diringkus Polsek Lubuk Batang OKU

Pelaku saat diamankan

Laporan : Armiziwadi

Baturaja, Sumselupdate.com – Dua tahun menjadi buronan, Waras Waskito (26) petani yang tinggal di Dusun II Desa Lecah Kecamatan Lubai Ulu Kabupaten Muaraenim berhasil diringkus anggota Polsek Lubuk Batang OKU.

Bacaan Lainnya

Waras Waskito buron setelah melakukan pencurian buah kelapa sawit milik PT Mitra Ogan yang ada di wilayah Kecamatan Lubuk Batang Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Provinsi Sumatera Selatan dua tahun silam.

Kapolres OKU, AKBP. Arif Hidayat Ritonga,SIK, MH melalui Kasubag Humas
AKP Mardi Nursal mengatakan pelaku berhasil diamankan oleh jajaran Polsek Lubuk Batang pada hari Kamis (12//11/2020).

Pelaku merupakan DPO karena melakulan pencurian buah sawit milik PT Minanga Ogan dua tahun lalu kejadian pada hari Sabtu tanggal 17 Maret 2018 yang diketahui sekira Jam : 16.00 Wib, di kebun sawit Afdeling II Kuang Blok D5 Desa Bandar Agung, Kecamatan Lubuk Batang OKU.

Saat itu, pelapor yakni Dedi Hafrian (36) mendapatkan laporan dari pihak keamanan TBS yang bernama Ade Liyo Sumantri dan Abdul Somad, bahwa telah terjadi pencurian buah sawit di kebun Kuang afdeling II BLOK D5 desa Bandar Agung Kecamatan Lubuk Batang Kabupaten OKU dengan menggunakan mobil pick up.

Pelaku memanen buah sawit di malam hari kemudian keesokan harinya buah yang sudah di panen akan diangkut dengan menggunakan mobil pick up dan bersama satu orang rekan lainnya yakni DD (DPO) di kebun sawit milik KUD Minanga Ogan dengan menggunakan alat dodos dan egrek.

Saat akan mengangkut buah sawit ke atas mobil, perbuatan para pelaku tersebut ketahuan oleh pihak keamanan, kemudian para pelaku melarikan diri.

Oleh pihak keamanan kejadian tersebut diberitahukan kepada pelapor, medapat laporan pelapor langsung melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Lubuk Batang.

Pada hari Kamis, 12 November 2020 sekira jam 23.00 wib, saat Reskrim Polsek Lubuk Batang sedang melaksanakan giat patroli hunting 3C di Desa Gunung Meraksa Kecamatan Lubuk Batang, saat itu melihat pelaku (DPO) sedang melintas dijalan raya Desa Gunung Meraksa.

Polisi pun memastikan bahwa A1 itu DPO, pelaku langsung ditangkap tanpa perlawanan dan diamankan serta dibawa Kapolsek Lubuk Batang untuk diproses lebih lanjut.

Pelaku dijerat tindak pidana Pencurian Dengan Pemberatan sebagaimana dimaksud pasal 363 Ayat (1) Ke-4 KUHPidana dalam rangka Ops Sikat Musi 2020

Barang bukti yang diamankan satu unit mobil carry pick up no.pol : BG 9088 DJ, merk/type : suzuky/Futura 1,5 warna : hitam nosin : G15AID-883790, noka : MHYESL415CJ265643, empat puluh delapa tandan buah sawit / tros buah sawit, satu bilah eggrek berbentuk sabit.(**)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.