Antispasi Bahaya Banjir, BPBD PALI Patroli di Sungai Lematang

Petugas BPBD Kabupaten PALI menggelar patroli di sepanjang Sungai Lematang di Kecamatan Tanah Abang, Minggu (27/12/2020).

PALI, Sumselupdate.comBadan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Provinsi Sumatera Selatan menggelar patroli di sepanjang Sungai Lematang di Kecamatan Tanah Abang.

Patroli ini guna mengantisipasi luapan Sungai Lematang, akibat tingginya intensitas hujan.

Bacaan Lainnya

Dalam giat patroli tersebut, petugas BPBD PALI menerjunkan empat unit perahu karet dan satu speedboad berkapasitas delapan orang dengan jumlah personel 30 orang.

Kepala BPBD PALI, Junaidi Anuar mengatakan, patroli itu dilakukan sebagai pemantauan pihaknya antisipasi bahaya banjir yang biasa terjadi kala intensitas hujan tinggi.

“Sepanjang ini kondisi air sungai Lematang normal, namun curah hujan cukup tinggi sehingga kondisi air ada kemungkinan akan naik terutama bila hujan terjadi di hulu sungai,” kata Junaidi, Minggu (27/12/2020).

Untuk itu, Junaidi mengimbau masyarakat yang berada di daerah aliran Sungai Lematang agar tetap waspada dengan kondisi cuaca saat ini.

“Apabila debit air Sungai Lematang naik dan meluap, segera lapor ke petugas kami agar bencana bisa ditanggulangi dengan cepat,” imbuhnya.

Di samping mengimbau warga di sekitar bantaran Sungai Lematang, Junaidi menyarankan kepada pengguna jalan ketika cuaca ekstrem tiba, untuk berhenti dan berteduh mencari tempat aman.

“Jangan paksakan perjalanan apabila hujan disertai angin kencang datang, sebab saat cuaca seperti itu sangat rentan adanya pohon roboh. Jadi segera menepi dan mencari tempat aman. Apabila cuaca sudah mereda, maka silahkan lanjutkan perjalanan,” ucap dia. (adj)

 

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.