Angka Harapan Hidup Meningkat, IPM Musirawas Terdongkrak

Kepala BPS Musirawas, Aidil Adha

Muarabeliti, Sumselupdate.com – Angka Harapan Hidup (AHH) di Kabupaten Musirawas mengalami peningkatan.

Peningkatan AHH ini mendongkrak Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang dicatat oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Musirawas.

Bacaan Lainnya

Kepala BPS Musirawas, Aidil Adha mengungkapkan, dalam mencapai IPM, harus didukung AHH yang identik di bidang kesehatan, termasuk expected years of schooling (EYS) atau harapan lama sekolah, rata-rata lama sekolah, dan Purchasing Power Parity (PPP) atau daya beli masyarakat.

“Jika keempat indikator tersebut sudah tercapai, maka sudah bisa ditentukan bahwa IPM juga akan meningkat, walaupun sebenarnya peningkatan di tahun 2015 yang lalu, tidak terlalu signifikan. Namun, tetap saja ada perubahan,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, IPM sendiri mengalami peningkatan, karena memang AHH meningkat. Tak hanya itu, rata-rata lama sekolah juga meningkat, serta diketahui daya beli masyarakat juga mengalami peningkatan. Walaupun, di tengah sulitnya perekonomian masyarakat Musirawas yang kini anjlok akibat harga karet dan padi yang menurun.

“Sebab, pertahunnya ternyata saat ini masyarakat Musirawas mampu membelanjakan uang sebesar Rp8,876 juta per orang dalam per tahun. Catatan ini, meningkat dibanding tahun 2014 yang hanya Rp8,787 juta per orang dalam per tahun,” jelasnya.

Jumlah tersebut, menurutnya berdasarkan besarnya pengeluaran masyarakat, dilihat dari kebutuhan sandang, pangan dan papan.

“Artinya, dari tahun ke tahun taraf perekonomian masyarakat mengalami peningkatan. Meski memang, hal ini tidak signifikan, tetapi lebih stabil dibanding tahun-tahun sebelumnya. Selain itu, sekarang sudah banyak anak-anak yang sebelumnya tidak sekolah, tetapi sekarang sudah sekolah,” ungkapnya. (ain)‎

 

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.