Anggota Komisi VIII DPR Imbau Seluruh Jemaah Haji Segera Gunakan Aplikasi Nusuk

Penulis: - Kamis, 13 Juni 2024
Anggota Komisi VIII DPR RI, Iskan Qolba Lubis.

Mekah, Sumselupdate.com – Anggota Komisi VIII DPR RI Iskan Qolba Lubis, yang bertugas sebagai pengawas haji, mengimbau kepada seluruh jemaah haji  di Arab Saudi  segera menggunakan Aplikasi Nusuk. Aplikasi ini merupakan gerbang digital yang wajib digunakan untuk memastikan jemaah dapat masuk ke Arafah dan Mina  melaksanakan ibadah haji.

“Saya mengimbau seluruh jemaah haji yang sudah berada di Arab Saudi segera menggunakan Aplikasi Nusuk. Aplikasi ini wajib digunakan untuk memastikan jemaah dapat masuk ke Arafah dan Mina  melaksanakan ibadah haji,” ujar Iskan di Makkah, Arab Saudi, Rabu (12/6/2024).

Bacaan Lainnya

Iskan menjelaskan, berdasarkan informasi yang diperoleh di lapangan, masih ada sebagian jemaah haji reguler dan furoda (mujamalah)  belum mendapatkan aplikasi Nusuk. Padahal, waktu keberangkatan ke Arafah untuk melaksanakan puncak ibadah haji tinggal dua hari lagi.

“Berdasarkan informasi dari Kementerian Agama (Kemenag),  12 Juni 2024 pukul 09:45 waktu Arab Saudi, masih ada sekitar 8 persen jemaah haji belum mendapatkan aplikasi Nusuk,”kata Iskan.

Dia  meminta Kemenag segera menyelesaikan distribusi aplikasi Nusuk kepada seluruh jemaah haji. Hal ini penting untuk memastikan kelancaran pelaksanaan ibadah haji tahun ini.

Iskan juga mengingatkan pentingnya kerja sama semua pihak terkait, termasuk para jemaah, agar proaktif  memastikan mereka telah mengunduh dan mengaktifkan aplikasi Nusuk.

“Kita semua harus bekerja sama untuk memastikan semua proses berjalan lancar, sehingga jemaah bisa melaksanakan ibadah haji dengan khusyuk dan lancar,” tuturnya.

Tidak hanya cukup diunduh, kata dia, jemaah haji juga harus memastikan aplikasi Nusuk mereka telah aktif dan terkoneksi dengan data diri mereka.

Ditambahkan, setiap jemaah harus menunjukkan aplikasi Nusuk (Smart Card) mereka saat menaiki bus menuju Arafah.

“Penunjukan aplikasi Nusuk ini wajib dilakukan untuk kelancaran proses masuk ke Arafah dan Mina,” tegas Iskan. (**)

 

Bantu Kami untuk Berkembang

Mari kita tumbuh bersama! Donasi Anda membantu kami menghadirkan konten yang lebih baik dan berkelanjutan. Scan QRIS untuk berdonasi sekarang!


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.