Anggarkan Rp8,2 Miliar Pemkot Tanggung BPJS Kesehatan Non-PNS Hingga Tiga Anak

Sekda Ratu Dewa

Palembang, Sumselupdate.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang menyiapkan anggaran Rp8,2 miliar untuk membayar iuran BPJS Kesehatan bagi 4.600 Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN) hingga tiga orang anaknya.

Sekretaris Daerah Pemkot Palembang Ratu Dewa mengatakan, tidak hanya pegawai bersangkutan yang diikutsertakan sebagai peserta BPJS Kesehatan JKN-KS. Tetapi anggaran tersebut sudah termasuk untuk anggota keluarganya, terdiri dari istri dan anak-anak pegawai.

Bacaan Lainnya

“Langkah ini dilakukan sebagai upaya dari Pemkot Palembang untuk meningkatan kesejahteraan pegawai khususnya yang berstatus Non PNS,” katanya, Senin (7/9/2020).

Non PNS tersebut nantinya didaftarkan berikut anggota keluarganya yaitu istri/suami dan 3 orang anak. Sedangkan untuk iurannya sebesar 5% dari gaji Non PNS dengan pola sharing, yaitu 4% akan dibebankan oleh Pemerintah Kota dan 1% dibebankan pada Non PNS.

Dewa menjelaskan, untuk iuran yang dibebankan kepada Non PNS akan direncanakan dengan mekanisme tidak mengurangi gaji bersih yang diterima oleh Non PNS saat ini.

“Guna melaksanakan program ini Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) sudah menyiapkan kebutuhan Anggaran sebesar Rp8,2 miliar lebih pada tahun anggaran 2021 untuk mengcover sekitar 4.600 orang Non PNS,” katanya.

Pendaftaran Non PNS tersebut diharapkan dapat meningkatkan rasio Universal Health Coverage (UHC) Kota Palembang menuju rasio UHC 100%. Di mana saat ini UHC Kota Palembang telah di atas target Pemerintah Pusat yaitu telah mencapai 95,28% dari jumlah penduduk Kota Palembang dan ke depan rasio ini akan terus tingkatkan.

Pendaftaran Kepesertaan Non PNS Kota Palembang dalam Program BPJS Kesehatan ini sejalan Peraturan Presiden Nomor 75 Tahun 2019 tentang Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang mengatur peserta bagi Pekerja Penerima Upah (PPU) pegawai pemerintah termasuk Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN) atau Pegawai Non PNS. (Iya)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.