Amankan Pilkades Serentak Senin Nanti, Polres Muba Gelar Apel Gelar Pasukan

Kapolres Muba AKBP Yudhi Surya Markus Pinem, SIk memeriksa pasukan Apel Gelar Pasukan pengamanan Pilkades serentak di halaman Mapolres Muba, Sabtu (7/3/2020).

Sekayu, Sumselupdate.com – Dalam rangka persiapan pengamanan Pilkades serentak, Polres Musi Banyuasin (Muba) melaksanakan Apel Gelar Pasukan di halaman Mapolres Muba, Sabtu (7/3/2020).

Hadir dalam Apel Gelar Pasukan yaitu Bupati Muba Dr H Dodi Reza Alex Noerdin diwakili Kepala DPMD Richard Cahyadi AP, Dandim 0401 Muba diwakili Kasdim 0401 Muba Mayor Inf M Daud.

Read More

Kasat Pol PP diwakili Kasi Linmas, para pejabat utama polres dan para  peserta apel. Apel Gelar Pasukan ini diikuti personil TNI, Polri, Sat Pol PP dan Linmas.

Kapolres Muba AKBP Yudhi Surya Markus Pinem, SIk dalam amanatnya menyampaikan, bahwa apel gelar pasukan kali ini, mempersiapkan pengamanan Pilkades 2020 Serentak di Kabupaten Muba yang akan diselenggarakan pada Senin (9/3/2020) nanti.

Pengamanan ini penting karena pilkades serentak ini digelar di 65 desa dari 12 kecamatan, Satu TPS terdiri dari 2 TNI, 5 personel polisi, dan 8 linmas.

Pasukan pengamanan polisi sebanyak 574 personel terdiri dari 40 personel Satgas, 316 personel pengamanan TPS, 30 personel Dalmas yang stand by di Sungai Lilin untuk mem-back up Kecamatan Babat Supat, Sungai Lilin dan Tungkal jaya.

Suasana Apel Gelar Pasukan di halaman Mapolres Muba, Sabtu (7/3/2020).

 

Kemudian, 34 personel Dalmas lanjutan akan tampil jika unjuk rasa terjadi dan akan stand by di Jirak Jaya.

“Kita juga menempatkan 100 personel Brimob yang akan siaga di Polsek Lais dan Sungai Lilin. Sedangkan 130 personel TNI stand by untuk mem-back-up polisi jika kerusuhan terjadi. Untuk Linmas sebanyak 520 personel mengamankan sebanyak 153 TPS yang tersebar di 12 kecamatan di Kabupaten Muba,” ujar Kapolres.

Menurut Pinem, dalam arahannya bahwa personel wajib mengenali karakteristik kerawanan pada lokasi, saling berkoordinasi dengan panitia dan para pengaman setempat.

Personel juga agar melakukan pengawalan dan pergeseran logistik baik sebelum dan sesudah pencoblosan di TPS dan juga lakukan perlindungan kepada panitia pilkades serta kotak surat suara jika terjadi keributan.

Untuk itu, dalam pengamanan pilkades serentak di wilayah Kabupaten Muba ini perlu adanya dukungan semua pihak agar kondusifitas dan keamanan tetap terjaga.

“Saya mengajak semua pihak untuk mengikuti proses pilkades yang akan dilaksanakan pada senin nanti. Kepada calon kades agar memegang komitmen dan konsekwensinya, sehingga siap dipilih dan siap tidak dipilih. Untuk para pemilih agar netral dalam memilih dan tidak ada intimidasi, sehingga tidak mengganggu Kamtibmas,” terang Kapolres Muba.

Kapolres Muba AKBP Yudhi Surya Markus Pinem, SIk memeriksa pasukan Apel Gelar Pasukan pengamanan Pilkades serentak di halaman Mapolres Muba, Sabtu (7/3/2020).

 

Sementara itu, Bupati Muba Dr H Dodi Reza Alex Noerdin melalui Kepala Dinas PMD Kabupaten Muba Richard Cahyadi AP mengucapkan terima kasih kepada jajaran Polres dan Dandim Muba yang membantu untuk mensukseskan Pilkades serentak di Muba.

“Tahun ini, setidaknya ada 65 desa di 12 kecamatan dalam Kabupaten Muba akan  melaksanakan Pilkades. Adapun jumlah calon kades sebanyak 254 orang, dengan jumlah daftar pemilih tetap berjumlah 123 ribu mata pilih dan jumlah TPS 96 tersebar di 65 Desa. Untuk pelaksanaan pemantauan telah dibentuk tim pemantau, dengan unsur Perangkat Daerah dan melibatkan pihak Kejaksaan. Jumlah tim pemantau sebangak 325, dibagi 5 orang perdesa. Pengamanan akan dibantu dari personil Polres Muba sebanyak 325 dan personil Kodim Muba sebanyak 130 orang,” pungkasnya. (rel)

 

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.