Alfitri: Duet Dodi Reza-Beni Hernedi Menarik dan Tergolong Koalisi Langka

Alfitri

Palembang, Sumselupdate.com– Menjelang pendaftaran calon bupati dan calon wakil bupati Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) pada 21 September nanti, bakal calon bupati (Balonbup) H Dodi Reza Alex telah mengambil keputusan politik menggandeng Plt Bupati Muba, H Beni Hernedi.

Keputusan yang ditungu-tunggu publik itu disampaikan Dodi Reza Alex saat konferensi pers deklarasi pasangan calon di Hotel Swarna Dwipa Palembang, Jumat (16/9) malam. Keputusan ini pun dengan sendirinya menutup peluang bakal calon wakil bupati lainnya yang selama ini disodorkan sejumlah kalangan masyarakat ataupun partai politik (parpol) sebagai pendampingnya, seperti H Apriyadi Mahmud (Kepala Dinas Sosial Provinsi Sumsel) dan H Affandi Udji (pengusaha).

Bacaan Lainnya

Menurut pengamat politik dari Universitas Sriwijaya, Prof. Alfitri, keputusan Dodi Reza Alex yang memilih Beni Hernedi sebagai bakal calon wakil bupati Muba merupakan pilihan yang terbaik yang diyakini telah melalui pertimbangan matang.

“Saya nilai ini adalah pilihan terbaik yang diambil bakal calon bupati Dodi Reza Alex setelah melalui pertimbangan berbagai aspek,” kata Alfitri di Palembang, Sabtu (17/9).

Alfitri menambahkan, meski duet Dodi Reza Alex – Beni Hernedi diusung oleh banyak parpol, tetapi yang menarik dicermati adalah terjadinya koalisi Partai Golkar dan PDIP di Pilkada Muba 2017 ini. Sebab, dalam sejarah Pilkada di daerah ini, lanjutnya, tidak pernah terjadi koalisi antar dua parpol tersebut.

“Ini menarik dan tergolong koalisi langka. Jika koalisi ini solid, terlebih diikuti oleh parpol lain yang mengusungnya, dipastikan akan sangat baik untuk menjaga stabilitas politik di daerah ini”, jelasnya.

Namun, Alfitri juga mengingatkan bahwa semua itu akan tergantung pada faktor sejauhmana komitmen dan konsisten yang terbangun. Ini penting diperhatikan mengingat para pengusungnya berasal dari parpol yang berbeda.

Menanggapi bagaimana konfigurasi kekuatan calon pada Pilkada Muba 2017 pasca duet Dodi Reza Alex – Beni Hernedi, Alfitri yang juga sebagai Ketua Departemen Pengembangan Infrastruktur Politik ICMI Sumsel ini secara diplomatis memprediksi bahwa kekuatan itu pasti berubah dan bakal landai.

“Kalau Pilkada nanti tidak greget tidak juga, sebab yang namanya Pilkada pasti membawa atmosfir kompetisi. Semua akan tergantung pada keberadaan pasangan calon lainnya. Yang jelas, kemapanan figur calon dalam berbagai aspek akan sangat mempengaruhi peluangnya dalam Pilkada nanti,” pungkasnya. (shn)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.