Ajukan Penambahan Peralatan Medis, RSUD Besemah Pagaralam Bersiap Tangani Pasien Positif Corona

Sabtu, 11 April 2020
Direktur RSUD Besemah Pagaralam, Dr Dian (kiri) bersama Kadinkes Kota Pagaralam, Desi Elviani, SE, MM di depan gedung RSUD Besemah, belum lama ini.

Pagaralam, Sumselupdate.com – Guna menangani pasien positif terinfeksi virus Corona atau Covid-19, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Besemah Kota Pagaralam, Provinsi Sumatera Selatan mengajukan penambahan peralatan dan perlengkapan medis ke Pemerintah Kota (Pemkot) Pagaralam.

Direktur RSUD Besemah, Dr Dian mengatakan, semua kebutuhan untuk penanganan pasien virus Corona di RSUD Besemah sedang dalam proses.

Bacaan Lainnya

“Kami sudah ajukan dan masih dalam proses,” kata Dian saat dihubungi wartawan Sumselupdate.com, Sabtu (11/4/2020).

Dian mengatakan yang paling dibutuhkan saat ini adalah alat kesehatan tambahan yang diperuntukan untuk ruang isolasi, seperti ventilator atau alat bantu pernafasan, alat pelindung diri (APD), dan lainnya.

Dikatakan Dian, pasien khusus Corona yang sedang menjalani perawatan maupun pasien yang sedang menjalani isolasi menunggu hasil tes, ditempatkan di gedung khusus yang baru selesai dibuat.

“Jadi bangunan itu baru selesai, belum ada fasilitas yang mencukupi di dalamnya kecuali tempat tidur dan peralatan kita pinjam di ruangan lain,” kata Dian.

Dian mengatakan, ruangan yang akan digunakan untuk pasien khusus Corona, terpisah dari gedung RSUD Besemah.

“Gedung itu sebetulnya kita ajukan pembangunan untuk menangani pasien yang memiliki penyakit menular,” ucap Dian.

Namun karena saat ini dunia sedang menghadapi wabah virus Corona khususnya Kota Pagaralam, gedung tersebut digunakan untuk pasien yang terpapar virus Corona.

Ditambahkan Dian, saat ini RSUD memiliki sumberdaya manusia (SDM) sebanyak lima dokter spesialis, sepuluh dokter umum, sebelas tenaga kesehatan lainnya seperti laboratorium, radiologi, farmasi, gizi, dan IPCN, kemudian tenaga pendukung sebanyak 40 orang. (ric)

Bantu Kami untuk Berkembang

Mari kita tumbuh bersama! Donasi Anda membantu kami menghadirkan konten yang lebih baik dan berkelanjutan. Scan QRIS untuk berdonasi sekarang!


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.