Ajarkan RPP Inspiratif, Dosen PGSD FKIP Universitas PGRI Palembang Gelar PkM di SDN 4 Tanjung Raja

Peserta serius mengikuti materi dalam kegiatan PkM yang digelar lima dosen PGSD FKIP Universitas PGRI Palembang di SD Negeri 4 Tanjung Raja, Kabupaten Ogan Ilir, Sumsel, Rabu (4/11/2020).

Inderalaya, Sumselupdate.com – Sebanyak lima dosen Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas PGRI Palembang menggelar Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di SD Negeri 4 Tanjung Raja, Kabupaten Ogan Ilir, Provinsi Sumatera Selatan, Rabu (4/11/2020).

Kegiatan PkM yang mengambil tema ‘Menyiapkan Diri Sebagai Guru Merdeka Mengajar Melalui RPP Pelaksanaan Pembelajaran’ diikuti sebanyak 60 peserta terdiri dari kepala sekolah dan guru di Kecamatan Tanjung Raja.

Bacaan Lainnya

Dalam acara pembukaan PkM itu dilaksanakan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara KorWil Bidang Dikbud Kecamatan Tanjung Raja dan Universitas PGRI Palembang.

Wakil Rektor II Universitas PGRI Palembang, Dr Yasir Arafat, SE, MM dan KorWil Bidang Dikbud Kecamatan Tanjung Raja, Sri Mayuna, SPd menandatangani nota kesepahaman.

Nota kesepahaman ini ditandatangani  Rektor Universitas PGRI Palembang, Dr H Bukman Lian, MM, MSi yang diwakili oleh Wakil Rektor II Universitas PGRI Palembang, Dr Yasir Arafat, SE, MM dan KorWil Bidang Dikbud Kecamatan Tanjung Raja, Sri Mayuna, SPd.

Pada acara itu, Wakil Rektor II Universitas PGRI Palembang, Dr Yasir Arafat, SE, MM didampingi Kabag Humas, Protokol, Promosi, dan Kerjasama Universitas PGRI Palembang, Dr Mulyadi, MA.

Selain itu, dilakukan sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB), yang disampaikan Wakil Rektor II Universitas PGRI Palembang, Dr Yasir Arafat, SE, MM dan Kabag Humas, Protokol, Promosi, dan Kerjasama Universitas PGRI Palembang, Dr Mulyadi, MA.

Wakil Rektor II Universitas PGRI Palembang, Dr Yasir Arafat, SE, MM menyampaikan kata sambutan saat membuka kegiatan PkM.

Dalam paparannya, Wakil Rektor II Universitas PGRI Palembang, Dr Yasir Arafat, SE, MM menyampaikan mengenai keunggulan Universitas PGRI Palembang sehingga menjadi perguruan tinggi pilihan.

Selain terakreditasi B, Universitas PGRI Palembang dilengkapi fasilitas laboratorium lima lantai dan perpustakaan lengkap dengan akreditasi A terbaik di Sumatera Selatan.

Keunggulan lain, Universitas PGRI merupakan Cyber University dan sudah menggunakan Sisfo untuk kegiatan perkuliahan.

Kemudian, dosen dan mahasiswanya berprestasi di berbagai bidang baik akademik, penelitian, dan lainnya.

“Keunggulan lain, bagi siswa yang berasal dari sekolah yang sudah MoU dengan Universitas PGRI Palembang, maka akan mendapatkan beragam keringanan, antara lain bebas uang pendaftaran. Apalagi orang tua siswa adalah guru, anggota PGRI maka akan mendapatkan diskon SPP sampai 50 persen,” jelas Yasir Arafat.

Dari kanan Wakil Rektor II Universitas PGRI Palembang, Dr Yasir Arafat, SE, MM, KorWil Bidang Dikbud Kecamatan Tanjung Raja, Sri Mayuna, SPd, Kepala SDN 4 Tanjung Raja, Marlina, SPd, dan Kabag Humas, Protokol, Promosi, dan Kerjasama Universitas PGRI Palembang, Dr Mulyadi, MA.

Sementara itu, Kabag Humas, Protokol, Promosi, dan Kerjasama Universitas PGRI Palembang, Dr Mulyadi, MA menambahkan bahwa bagi guru-guru yang akan melanjutkan ke jenjang pendidikan Strata Dua (S2) yang sekolah tempatnya mengajar sudah MoU dengan Universitas PGRI Palembang, maka akan mendapatkan keringanan SPP sampai 25 persen.

“Kita mempunyai tiga program studi di Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, yaitu Magister Manajemen Pendidikan, Magister Pendidikan Bahasa Inggris, dan Magister Pendidikan Bahasa Indonesia,” jelas Mulyadi.

Ketua Panitia Kegiatan, Tiurida Intika, MPd didampingi Kepala SDN 4 Tanjung Raja, Marlina, SPd menjelaskan   tujuan kegiatan PkM ini untuk mengenalkan dan membekali guru tentang komponen-komponen yang ada pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Inspiratif.

Tujuan lain membantu guru dalam mengembangkan kemampuan berimprovisasi dan berinovasi dalam merancang/menyusun RPP Inspiratif.

Tiurida Intika mengatakan, manfaat setelah mengikuti PkM ini para guru dapat menerima pengetahuan dan wawasan mengenai RPP Inspiratif.

Untuk sekolah, dapat menjadi bahan contoh dalam penyusunan perangkat pembelajaran di sekolah dan merealisasikan RPP Inspiratif kepada guru-guru yang lain di lingkungan sekolahnya.

Lima dosen PGSD FKIP Universitas PGRI Palembang dan dua mahasiswa berfoto bersama usai kegiatan PkM di SD Negeri 4 Tanjung Raja, Kabupaten Ogan Ilir, Sumsel, Rabu (4/11/2020).

Sedangkan manfaat bagi dosen, mengembangkan kemampuan dosen dalam melaksanakan Tri Dharma perguruan tinggi khususnya pelaksanaan PkM.

Dalam PkM ini disampaikan lima pemateri masing-masing Imelda Ratih Ayu, MPd dengan materi Definisi RPP Ispiratif, Mega Prasrihammni, MPd dengan materi Prinsip Pengembangan RPP Inspiratif.

Kemudian, Komponen Inti RPP Inspiratif dengan narasumber Triyana Yetra, MPd, Format RPP Inspiratif (materi dan praktek) disampaikan David Budi Irawan, MPd dan Jumiati, M.Pd

Pelaksanaan PkM ini melibatkan dua mahasiswa yaitu Dwi Yanti dan Muhammad Rizki. (rel)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.