6.699 Jemaah Haji Debarkasi Palembang Telah Kembali ke Tanah Air

Penulis: - Kamis, 11 Juli 2024
Sebanyak 440 jemaah haji Kloter 15 Debarkasi Palembang asal Kabupaten Ogan Ilir dan Kota Palembang tiba di Palembang.

Palembang, sumselupdate.com – Sebanyak 440 jemaah haji Kloter 15 Debarkasi Palembang asal Kabupaten Ogan Ilir dan Kota Palembang tiba di Palembang, Kamis (11/07/2024) siang. Total jemaah haji yang telah kembali ke Tanah Air berjumlah 6.699 jemaah haji.

PLH. Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Sumsel Win Hartan menjelaskan, tahun ini embarkasi Palembang memberangkatkan 8.467 jemaah haji. Dari jumlah tersebut, sebanyak 6.699 jemaah telah kembali ke Tanah Air dengan rincian 5.518 jemaah asal Sumsel, 1.106 jemaah asal Bangka Belitung, dan 75 petugas kloter.

Bacaan Lainnya

Sedangkan jemaah yang meninggal berjumlah 25 orang dengan rincian dua meninggal di embarkasi, 22 meninggal di Arab Saudi, dan satu jemaah meninggal di debarkasi. Adapun jemaah yang masih dirawat di Arab Saudi berjumlah enam orang.

“Tahun ini kita memberangkatkan 19 kloter. Jadi, masih ada empat kloter lagi yang berada di Arab Saudi, tepatnya di Madinah. Kloter 19 terjadwal tiba di Palembang pada 15 Juli mendatang,” jelas Win Hartan.
Sementara itu, kloter 15 sendiri disambut dan dilepas ke daerah di Aula Asrama Haji Sumsel.

Ketua Kloter 15 Choirussaleh dalam laporannya menjelaskan, saat berangkat ke Tanah Suci, kloter 15 berjumlah 444 orang. Namun ada dua jemaah yang meninggal di Arab Saudi yaitu Fitriyanti (48) dari Ogan Ilir dan Zaenab Tohri (62) dari Ogan Ilir. Ada juga dua jemaah yang pulang lebih awal bersama kloter 7 yaitu Yamtoni Maliun Dul Majid (19) dan Syamsul Bahri (63) dari Kota Palembang.

Baca juga : Pemulangan Gelombang 1 Usai, 4039 Jemaah Haji Debarkasi Palembang Telah Kembali ke Tanah Air

Menjelang kepulangan, ada satu jemaah yang ikut bergabung dari kloter 16 yaitu Sudirman Langkadi (54) asal Palembang dan ada satu jemaah yang belum bisa ikut pulang karena sakit yaitu Nasuha Hanafi Dal (64) asal Palembang.

“Sehingga yang tiba hari ini berjumlah 440 orang,” jelas Choirussaleh.

Efriansyah saat mewakili Kakanwil menyambut jemaah kloter 15 menyampaikan selamat datang kepada seluruh petugas dan jemaah haji. Efri mengucapkan terima kasih atas kerjasama yang baik antara petugas dan jemaah sehingga dapat menjalani rangkaian ibadah haji dengan lancar.

Baca juga : Ingin Lebih Dulu Pulang atau Menundanya, ini Cara yang Bisa Dilakukan Jemaah Haji

“Selamat datang kembali ke Palembang, semoga bapak ibu menjadi haji yang mabrur dan mabruroh, kami tahu bapak ibu tidak sabar untuk berkumpul dengan keluarga, selamat kembali ke keluarga, kami mohon maaf sekiranya bila ada kekurangan dalam penyambutan kami. Saya ucapkan banyak terimakasih kepada petugas, juga bapak ibu sekalian, salam sehat selalu,” ujar Efri. (**)

Bantu Kami untuk Berkembang

Mari kita tumbuh bersama! Donasi Anda membantu kami menghadirkan konten yang lebih baik dan berkelanjutan. Scan QRIS untuk berdonasi sekarang!


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.