51 Personel Naik Pangkat Satu Tingkat, Ini Pesan Kapolres Muaraenim

Polres Muaraenim melakukan upacara kenaikan pangkat satu tingkat terhadap 51 anggotanya, di Mapolres Muaraenim, Kamis (30/6/2022) .

Laporan: Endang Saputra

Muaraenim, Sumselupdate.com – Jajaran kepolisian resort  (Polres) Muaraenim melakukan upacara kenaikan pangkat satu tingkat terhadap 51 anggotanya, di Mapolres Muaraenim, Kamis (30/6/2022) .

Read More

Dalam amanatnya Kapolres Muaraenim AKBP Aris Rusdiyanto, menegaskan, dengan kenaikan pangkat ini bukan untuk gagah-gagahan. Dimana kenaikan pangkat ini terhitung awal bulan Juni 2022 mendatang.

“Kenaikan pangkat ini terhitung 01 Juni 2022 besok berdasarkan surat telegram Kapolda Sumsel Nomor: STR/135/VI/Kep/2022 tanggal 28 Juni 2022 tentang kenaikan pangkat reguler perwira sebanyak 1 personel yakni dari Ipda ke Iptu dan surat telegram Kapolda Sumsel Nomor: STR/467,468,469,470,470/VI/Kep/ 2022 tanggal 24 juni 2022 tentang kenaikan pangkat kenaikan pangkat reguler Bintara sebanyak 50 personel yang diantaranya Bripka ke Aipda 10 personel, Brigadir ke Bripka 11 personil, Briptu ke Brigadir 2 personil, dan Bripda ke Briptu 27 personil,” ungkapnya.

Dikatakan Kapolres, bahwa kenaikan pangkat merupakan salah bentuk penghargaan pimpinan terhadap hak personil di lingkungan Polri, kenaikan pangkat adalah wujud perhatian dan penghargaan dari organisasi pimpinan Polri terhadap anggota yang telah menunjukkan prestasi, dedikasi, loyalitas dan pengabdian terbaiknya terhadap tugas yang dibebankan kepadanya dengan penuh rasa tanggung jawab.

“Tentu dengan kenaikan pangkat harus berbanding lurus dengan peningkatan kinerja personel , jadikan kenaikan pangkat sebagai cambuk untuk meningkatkan profesionalisme dalam tugas, ubahlah pola pikir dan budaya lama yang kurang baik dimana pelaksanaan tugas hanya sekedar menggugurkan tanggung jawab tanpa ada niat menjadi lebih baik lagi serta berikan pelayanan prima sebagai upaya memupuk dan mewujudkan kepercayaan masyarakat yang ada,” ujarnya.

Kemudian, Kapolres mengatakan kenaikan pangkat ini juga dalam rangka menciptakan kondisi Kamtibmas yang mantap dan dinamis, perlu disiapkan personil Polri yang dibekali dengan semangat kejuangan, profesionalisme, penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, yang diselaraskan dengan pola pikir, akhlak yang baik dan tingkah laku terukur.

“Sadar atau tidak, peran Polri bagi masyarakat sudah tak terbatas, kehadiran Polri sampai pelosok negeri di tanah air diperlukan untuk memastikan terlaksananya agenda-agenda negara berjalan dengan rasa aman, lancar dan kondusif yang sampai saat ini tidak dapat digantikan dengan alat secanggih apapun,” bebernya.

Masih dikatakan Aris, bahwa saat ini Polri terus melakukan peningkatan profesionalisme dan pembenahan atas kinerja seluruh personel Polri khususnya di jajaran Polda Sumsel guna memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, sebagai upaya meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada insan Polri.

Lanjut, Kapolres kedepan seluruh personel Polres Muaraenim dapat menyikapi dan melaksanakan seluruh perintah dari pimpinan dengan bersungguh sungguh serta penuh rasa tanggung jawab sehingga tugas pokok Polri sebagai aparat Kamtibmas, pelindung, pengayom dan pelayan kepada masyarakat serta selaku penegak hukum yang profesional, humanis dan modern dapat terlaksana dengan baik.

“Sehubungan dengan kenaikan pangkat ini, perlu di ingat di kembali bahwa kenaikan pangkat bukanlah merupakan suatu hak dari pada anggota Polri yang telah memenuhi persyaratan, namun semua itu berdasarkan suatu keputusan dan penilaian pimpinan Polri mulai dari pola tingkah laku, (kedisiplinan, dedikasi, dan pelaksanaan tugas yang telah anda berikan kepada kesatuan instansi Polri yang kita banggakan,” tegasnya.

Dikatakan Aris, dengan kenaikan pangkat ini pula diharapkan akan menumbuhkan dan memberikan semangat pengabdian tugas, dalam rangka menciptakan kondisi Kamtibmas yang kondusif, guna keberhasilan pembangunan di segala bidang khususnya di wilayah hukum Kabupaten Muaraenim.

Oleh karena itu, kenaikan pangkat setingkat lebih lebih tinggi akan menambah beban tugas yang lebih dan lebih besar lagi.

“Untuk itu bagi anggota Polri yang naik pangkat segera lakukan berbagai pembenahan, atau perbaikan, khususnya terhadap sikap dan perilaku, serta profesionalisme yang berdasarkan etos kerja yang tinggi. Kenaikan pangkat ini hendaknya dapat dijadikan pedoman sebagai langkah awal yang lebih baik lagi dari sebelumnya, sehingga dapat memperbaiki kelemahan yang ada dan meningkatkan pelayanan Polri kepada masyarakat, seperti pelayanan yang cepat, tepat dan tuntas serta dengan penuh keikhlasan, sopan santun, komunikatif dan simpatik,” pungkasnya. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.