5.000 Vaksin Bakal Disiapkan Untuk Insan Pers

Bupati Ogan Komering Oku (OKU) Provinsi Sumatera Selatan, Kuryana Azis, mengikuti acara peringatan HPN 2021 secara virtual.

Laporan : Armiziwadi

Baturaja, Sumselupdate.com – Presiden Joko Widodo bakal menyiapkan 5.000 vaksin Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) untuk insan pers, yang selama ini selalu berada di garda terdepan dalam memberikan informasi bahaya Covid-19.

Bacaan Lainnya

Hal itu disampaikan Jokowi saat Peringatan Hari Pers Nasional 2021, bersama Presiden RI Joko Widodo, yang digelar secara virtual di Ruang Induk Rumah Dinas Bupati OKU (Selasa, (9/2/2021), yang juga dihadiri Bupati Ogan Komering Oku (OKU) Provinsi Sumatera Selatan,  Kuryana Azis.

Pada peringatan HPN tahun ini, mengambil tema ‘Bangkit dari Pandemi, Jakarta Gerbang Pemulihan Ekonomi, Pers sebagai Akselerator Perubahan’. Pers menjadi salah satu pilar demokrasi mengawali kebangkitan dan kekuatan untuk keluar dari pandemi Covid-19.

Pada acara peringatan HPN ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih atas peran pers yang telah membantu pemerintah dalam melakukan edukasi protokol kesehatan 3M (memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan) selama pandemi Covid-19.

Presiden tahu betul, di saat pandemi seluruh insan pers Tanah Air tetap bekerja dan berada di garis terdepan untuk mengabarkan setiap perkembangan situasi dan menjadi jembatan komunikasi antara pemerintah dengan masyarakat.

“Insan pers juga menghadapi masa-masa sulit di era pandemi Covid-19 sekarang ini. Saya tahu, industri pers sebagaimana sektor swasta yang lain, sedang menghadapi juga masalah perusahaannya,” ucapnya.

Presiden menekankan pemerintah berusaha meringankan beban industri media, di mana Pph 21 bagi awak media telah dimasukkan dalam daftar pajak yang ditanggung pemerintah.

“Yang artinya pajak dibayar oleh pemerintah dan berlaku sampai Juni 2021,” terangnya.

Selain itu juga, untuk industri media dilakukan pengurangan Pph dan percepatan restitusi dan insentif yang juga berlaku sampai Juni 2021.

Insentif yang diberikan ke industri lain juga diberikan kepada industri media, termasuk pembebasan abodemen listrik.

“Keringanan tersebut memang tidak seberapa, saya tahu. Perlu saya sampaikan beban fiskal pemerintah juga berada pada posisi yang sangat berat, selain berat untuk menangani permasalahan kesehatan juga berat menggerakkan perekonomian tatkala sektor swasta alami perlambatan signifikan,” jelasnya.

Presiden Joko Widodo mengatakan, salah satu belanja besar pemerintah adalah vaksin. Pemerintah menyiapkan sebanyak 5.000 vaksin untuk awak media, namun saat ini didahulukan vaksinasi tersebut tenaga kesehatan.

Pengurus PWI Kabupaten OKU diwakili Sekjen PWI OKU, Muhammad Wiwin, mengatakan, jika peringatan HPN di OKU diikuti 35 jurnalis. Pada HPN ini, pihaknya berharap, pers bisa selalu menjadi salah satu pilar demokrasi bersama negara untuķ keluar dari pandemi Covid-19.

“Saya mengajak rekan-rekan pers memberikan kontribusi yang positif kepada daerah, tidak hanya menjadi acara seremoni saja, akan tetapi peringatan HPN 2021 menjadi momentum bagi insan pers yang Kuat, bebas dan bertanggungjawab. Selain itu tantangan kita saat ini ialah melawan berita hoax yang beredar di media sosial,” ungkapnya.

Sekda OKU Achmad Tarmizi, mengucapkan selamat hari pers nasional ke-75 tahun 2021 semoga pers OKU tetap bisa terus memberikan support untuk dapat memulihkan ekonomi warga di tengah pandemic.

“Terima kasih dari pemkab OKU kepada insan pers atas kerja sama, dukungan yang sangat terjalin dengan baik selama ini,” jelasnya. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.