26 Peserta Berebut Menjadi Anggota KPAD Muba Tahap Kedua

26 peserta mengikuti seleksi tertulis dan pembuatan makalah KPAD Muba di Auditorium Pemkab Muba, Senin (16/11/20).

Sekayu, Sumselupdate.com – Dari seleksi administrasi Anggota Komisi Perlindungan Anak Daerah (KPAD) Kabupaten Musi Banyuasin, 26 peserta dinyatakan lolos dan berhak mengikuti seleksi tertulis dan pembuatan makalah di Auditorium Pemkab Muba, Senin (16/11/20).

Sekretaris Daerah Muba Apriyadi, selaku Ketua Panitia Seleksi yang membuka acara tersebut mengatakan, proses seleksi yang telah dilakukan sejak satu bulan yang lalu. Sudah melewati tahap admistrasi dan sekarang masuk pada tahapan tes tertulis serta pembuatan makalah dan besok akan di lanjutkan dengan kegiatan psikotes.

Bacaan Lainnya

Pembentukan Komisi Perlindungan Anak Daerah KPAD ini sebuah kebijakan yang di ambil oleh Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin berdasarkan UU No 35 Tahun 2014 tentang perlindungan anak. Yang menjelaskan bahwa pemerintah daerah dapat membentuk KPAD, dan yang dilakukan hari ini sebuah implementasi yang di lakukan oleh Pemkab Muba, mengambil langkah terbaik untuk dapat membentuk KPAD di Kabupaten Muba. Karena seperti yang kita ketahui saat ini ada banyak kasus yang terjadi tentang kekerasan pada anak.

“Untuk itu, anak-anak perlu mendapatkan perlindungan agar terhindarkan dari hal-hal buruk yang akan terjadi pada dirinya,”ucap ketua pansel.

Selain itu juga kami berharap kedepannya, yang nantinya di berikan amanah menjadi bagian dari Pemkab. Yang bertugas melakukan perlindungan kepada anak selama 5 tahun.

“Semoga yang terpilih merupakan orang-orang yang mempunyai potensi. Dapat bekerja dengan baik membantu pemerintah dalam melakukan perlindungan kepada anak-anak,”ujarnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Pansel yang juga merupakan Ketua Komisi IV DPRD Muba Firman Akbar SH menyampaikan dari 26 peserta yang harusnya mengikuti tes tertulis dan pembuatan makalah tidak hadir satu orang. Jadi untuk 25 peserta yang mengikuti tes hari ini berikanlah yang terbaik, harus fokus dan jangan tegang. Adapun bentuk soal dari tes tertulis ini yaitu berupa pernyataan, pilihan ganda dan esai sebanyak 50 soal dan selanjutnya penulisan makalah.

“Terdapat beberapa kriteria bagi calon anggota Komisi Perlindungan Anak Daerah (KPAD) diantaranya memiliki kemampuan dan pengalaman dalam memajukan perlindungan anak. Memiliki komitmen pengabdian, dedikasi, kepemimpinan, integritas dan moralitas tidak tercela, termasuk di dalamnya tidak melakukan kekerasan terhadap anak,”bebernya.

Tim Panitia Seleksi (Pansel), terdiri dari Ketua Pansel Sekretaris Daerah Muba Apriyadi, Wakil Ketua Firman Akbar yang merupakan Ketua Komisi IV DPRD Muba, Sekretaris Pansel Yudhi Herzandi yang merupakan Plt Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Muba. Terdiri dari 3 anggota yang berasal tokoh agama Wandi Subroto, Tokoh Agama Ahmad Yani dan Tokoh Masyarakat Qotruddin. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.