25 Dokter Spesialis Diterjunkan Untuk Pemeriksaan Kesehatan

Dua pasangan kandidat Bupati dan Wabup Muba berfoto bersama sebelum mengikuti proses tes kesehatan di di Graha Spesialis Rumah Sakit Mohammad Hoesin (RSMH) Palembang, Sabtu (24/9/2016).

Palembang, Sumselupdate.com – Dua pasangan calon Bupati (Cabup) dan Calon wakil Bupati (Cawabup) Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Sabtu (24/9/2016), mengikuti tahapan pemeriksaan kesehatan di Graha Spesialis Rumah Sakit Mohammad Hoesin (RSMH) Palembang.

Dua pasang calon bupati dan calon wakil bupati Muba mengenakan ID Card khusus untuk menjalani pemeriksaan di lantai II Gedung Spesialis RSMH Palembang.

Bacaan Lainnya

Penanggungjawab medis sekaligus Direktur Pelayanan Medik dan Keperawatan  RSMH Palembang, DR dr HM Alsen Arlan, Sp, BKB, Mars mengatakan, 25 tim dokter spesialias diterjunkan dalam pemeriksaan tes kesehatan calon bupati dan wakil bupati Muba 2017.

Tim kesehatan yang dibentuk ditugaskan khusus untuk memeriksa kesehatan fisik dari dua pasangan calon yang maju dalam Pilbup Muba tersebut.

Menurut dia, saat medical check up dua kandidat ini, tidak hanya pemeriksan fisik, namun pemeriksaan kesehatan jiwa yang akan dilakukan oleh Himpunan Psikolog Seluruh Indonesia (HIMPSI) Sumatera Selatan.

Dr Alsen menambahkan, khususnya pemeriksaan narkoba tanggung jawabnya berada langsung dari pihak BNN Muba, dimana proses pemeriksaan akan berlangsung bersamaan di RSMH.

“Tes pemeriksaan narkoba itu menjadi tanggung jawab pihak BNN , pasalnya dengan adanya MoU terbaru semua pemeriksana narkoba akan dilakukan oleh BNN, sedangkan RSMH hanya pada screening awal dan tes kesehatan fisik calon,” katanya.

Ketua KPUD Muba Firdaus Marvel mengatakan, berdasarkan PKPU dan surat edaran KPU No 507 bahwa dalam rangka test kesehatan ini dilakukan tim atau rumah sakit yang sudah mendapatkan rekomendasi dari IDI untuk melakukan pemeriksaan.

Alhamdulilah berdasarkan rekkomendasi IDI Muba merujuk RSMH Palembang, “ katanya.

Menurutnya pemeriksaan akan dilakukan dua hari yaitu hari ini hingga besok.

”Mengenai hasilnya akan diserahkan tim dokter setelah mereka melakukan rapat pleno dalam  ketentuan PKPU itu malah tanggal 28 September mereka serahkan kepada kita hasilnya, jadi KPU hanya membacakan hasil kerja terhadap para calon.

“Kalau masalah calon ini ada masalah kesehatan ada kebijakan , ketentuan kita kembalikan kepartai pengusung  atau independen, kalau mereka perlukan komunikasi dengan tim dokter  Insya Allah jika ada pemeriksaan lanjutan mereka akan lakukam, jadi masalah pergantian calon dikembalikan  ke calon masing-masing partai pendukung,” katanya.

Dalam rangka pemeriksaan kesehatan pihaknya juga tidak bisa  berhak mengatakan, pembatalan dari pihaknya kecuali dari hasilk pemeriksaan  tim dokter apakah memenuhi syarat atau tidak memenuhi syarat .

“KPUD bukan memvonis tapi kita merujuk dari hasil pemeriksaan, saja dari tim dokter,” katanya.

Untuk anggaran test kesehatan satu orang calon menurutnya masing-masing lembaga profesi dari IDI, Himpsi, BNN memiliki standar sendiri  dan KPU tinggal berkoordinasi dengan rumah sakit mengajukan tagihan masalah berapa besaran biaya yang dilaporkan hari ini dan ini merupakan satu kesatuan utuh.

Sebelumnya dalam pemilihan bupati dan wakil bupati Musi Banyuasin terdapat dua pasangan calon yang dinyatakan lolos verifikasi dan di lanjutkan pada pemeriksaan kesehatan hari ini.

Pasangan pertama yakni Dodi Reza Alex Noerdin bersama dengan Beni Hernedi lewat jalur partai politik, kemudian Pasangan Kedua yakni Amiri Arifin dan Ahmad Toha yang maju melalui jalur independen. (ery)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.