21 Juni 2021, Semua Sistem Layanan Nasabah BSI Sudah Bisa Digunakan

Regional CEO III Bank Syariah Indonesia (BSI) Palembang, Dedy Suryadi Dharmawan didampingi kepala OJK Regional VII Sumbangsel, Untung Nugroho dan Brand Manager BSI Palembang, Luthfi Bukhori

Laporan Haris Widodo

Palembang, Sumselupdate.com – Penyatuan sistem layanan (Roll Out), sistem perbakan di Bank Syariah Indonesia (BSI) akan terselenggara 21 Juni 2021 mendatang.

Read More

Penyatuan tersebut berlaku untuk seluruh wilayah kerja BSI Regional 3 Palembang mencakup migrasi rekening nasabah, kartu ATM hingga mobile dan internet banking.

Regional CEO III Bank Syariah Indonesia (BSI) Palembang, Dedy Suryadi Dharmawan mengatakan secara keseluruhan ada 1,9 juta nasabah dari eks tiga bank yakni BNI Syariah, BRI Syariah dan BSM. Dari total tersebut ada 700 ribu nasabah eks dua bank BRI dan BNI Syariah yang wajib melakukan migrasi ke sistem Bank Syariah Indonesia (BSI).

“Migrasi ini ditargetkan satu bulan selesai sehingga semua nasabah sudah beralih ke sistem BSI,” ujar Dedi yang didampingi kepala OJK Regional VII Sumbangsel, Untung Nugroho dan Brand Manager BSI Palembang, Luthfi Bukhori di hotel the Zuri, Rabu (19/05)

Ditambahkanya, migrasi ini mencakup seluruh aspek mulai dari hal-hal identitas seperti logo, desain brand, hingga hal-hal substansial operasional seperti perubahan buku rekening, perubahan kartu ATM, hingga mobile banking dan internet banking.

Selain itu program roll out atau penyatuan sistem menjadi satu di Region III Palembang, akan dilakukan secara bertahap yakni pada tanggal 21 Juni 2021 mendatang.

Salah satu fokus Bank Syariah Indonesia dalam proses roll-out di Region III Palembang adalah proses migrasi nasabah dari bank legacy ke Bank Syariah Indonesia.

Dalam prosesnya, para nasabah akan dihimbau untuk mengganti akun rekening mereka dari bank syariah yang lama (BRI Syariah dan BNI Syariah) menjadi akun rekening Bank Syariah Indonesia. Proses migrasi ini bisa dilakukan secara daring dan tatap muka.

“Untuk memberikan kenyamanan dan kemudahan, para nasabah bisa melakukan migrasi rekening dengan dua cara, yaitu dengan cara daring atau dengan menggunakan aplikasi BSI Mobile maupun hadir langsung ke kantor cabang Bank Syariah sebelumnya,” kata Dedy Suryadi Darmawan.

Migrasi datang langsung ke kantor cabang, nasabah diminta datang ke kantor cabang BSI terdekat yang sudah melakukan rol out untuk melakukan penggantian buku tabungan dan ATM. Syaratnya mudah cukup membawa KTP, buku tabungan lama dan ATM lama. Penggantian buku tabungan dan ATM diestimasikan memakan waktu hingga 5 menit saja.

Mengantisipasi membludaknya nasabah yang akan mengganti ATM dan buku tabungan, BSI akan berkoordinasi dengan kepolisian mengatur antrean dan menyediakan tenda agar bisa menampung lebih banyak nasabah. Jumlah customer service (CS) yang akan disiapkan juga bakal ditambah karena penggantian ini berhubungan dengan CS.

Sebagai informasi, proses integrasi operasional cabang, layanan, dan produk Bank Syariah Indonesia dilakukan mulai 15 Februari sampai 30 Oktober 2021. Dalam periode tersebut, nasabah secara bertahap akan dihubungi untuk melakukan migrasi ke Bank Syariah Indonesia. Jika terdapat perubahan nomor telepon dan email, nasabah dapat menyampaikan informasi tersebut kepada cabang bank syariah sebelumnya.

Sebelum migrasi berlangsung, nasabah tetap dapat menggunakan jaringan ATM dari masing-masing bank asal maupun jaringan ATM yang bekerja sama, seperti jaringan ATM Prima, ATM Bersama, dan GPN. Sedangkan untuk mobile banking dan internet banking dari masing-masing bank asal tetap dapat digunakan dan diakses oleh nasabah sampai dengan informasi selanjutnya.

Untuk pembiayaan baru, nasabah dapat mengajukan ke cabang Bank Syariah Indonesia terdekat. Sedangkan, untuk pengajuan perpanjangan atau restrukturisasi atau penambahan fasilitas pembiayaan dapat dilayani oleh bank asal nasabah sebelumnya. Pembayaran angsuran pembiayaan nasabah tetap dibayarkan melalui rekening bank asal.

Terkait dengan informasi lebih lanjut mengenai migrasi rekening dan penukaran kartu ATM atau debit yang baru, nasabah dapat menghubungi Bank Syariah Indonesia Call 14040, call center tiga bank asal atau dapat pula mengunjungi situs web resmi bank Syariah Indonesia www.bankbsi.co.id.(**)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.